Thursday 23rd of May 2024

9 Kecamatan yang Bergabung Kabupaten Agam Tuo dalam Rencana Pemekaran Wilayah

×

9 Kecamatan yang Bergabung Kabupaten Agam Tuo dalam Rencana Pemekaran Wilayah

--

ASCOMAXX.com – Kabupaten Agam direncakan melakukan pemekaran menjadi Kabupaten Agam Tuo. Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai daftar kecematan yang termasuk ke area Kabupaten Agam Tuo yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Agam merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Penamaan kabupaten ini dengan nama kabupaten Agam, didasari oleh Tambo, di mana sebelumnya beberapa nagari yang berada dalam kawasan kabupaten ini sekarang, dahulunya dikenal juga dengan nama Luhak Agam.


Baca juga: Link Video Sepasang Pelajar SMP SMA di Buleleng Viral TikTok Kembali Beredar, Polisi: Kaitan dengan Psikologis Korban

Baca juga: Sosok Mayor Teddy Indra Wijaya Jadi Lulusan Terbaik Militer Amerika Serikat, Jadi Ajudan Prabowo Subianto

Baca juga: Viral Roy CDC Kakak Rich Brian Gabung Jadi Personel Baru Weird Genius Gantikan Gerald Liu

Kabupaten Agam, yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, memiliki karakteristik wilayah yang unik, terbagi menjadi dua bagian utama: wilayah pesisir dan wilayah dataran tinggi.

Kini, ibukota Kabupaten Agam berada di Kecamatan Lubuk Basung di wilayah pesisir, sedangkan wilayah dataran tinggi atau wilayah timur Kabupaten Agam mengelilingi Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat.

Dari kabar terbarunya, pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat sedang mempertimbangkan sebuah usulan menarik untuk memekarkan wilayahnya. Meskipun Pemerintah Pusat masih memberlakukan moratorium daerah otonomi baru (DOB), namun usulan ini dinilai sangat layak untuk direalisasikan.

Sumber:

UPDATE TERBARU