Sunday 19th of May 2024

Rencana Pemekaran Kabupaten Agam Menjadi Kabupaten Agam Tuo dengan Ibukota di Nagari Koto Tangah

×

Rencana Pemekaran Kabupaten Agam Menjadi Kabupaten Agam Tuo dengan Ibukota di Nagari Koto Tangah

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai rencana pemekaran Kabupaten Agam menjadi Kabupaten Agam Tuo yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Agam merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Penamaan kabupaten ini dengan nama kabupaten Agam, didasari oleh Tambo, di mana sebelumnya beberapa nagari yang berada dalam kawasan kabupaten ini sekarang, dahulunya dikenal juga dengan nama Luhak Agam.


Baca juga: Mata-Mata Zhuo Fan di Hell Valley Mulai Bergerak! Baca Manhua Magic Emperor Chapter 463 Bahasa Indonesia

Baca juga: Info LOKER PT Pamapersada Nusantara Tahun 2023 Buka 4 Posisi, Gini Jobdesc, Syarat, dan Cara Melamarnya

Baca juga: Profil dan Biodata Mayor Teddy Indra Wijaya Bukan Sosok Sembarangan! Cek Prestasi Gemilang di Dunia Militer

Kabupaten Agam, yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, memiliki karakteristik wilayah yang unik, terbagi menjadi dua bagian utama: wilayah pesisir dan wilayah dataran tinggi.

Kini, ibukota Kabupaten Agam berada di Kecamatan Lubuk Basung di wilayah pesisir, sedangkan wilayah dataran tinggi atau wilayah timur Kabupaten Agam mengelilingi Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat.

Dari kabar terbarunya, pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat sedang mempertimbangkan sebuah usulan menarik untuk memekarkan wilayahnya. Meskipun Pemerintah Pusat masih memberlakukan moratorium daerah otonomi baru (DOB), namun usulan ini dinilai sangat layak untuk direalisasikan.

Sumber:

UPDATE TERBARU