Thursday 25th of April 2024

Waspada! Modus Penipuan Pembobolan ATM Semakin Marak, Masyarakat Dihimbau Berhati-hati

×

Waspada! Modus Penipuan Pembobolan ATM Semakin Marak, Masyarakat Dihimbau Berhati-hati

--

ASCOMAXX.com - Modus Penipuan Pembobolan ATM Semakin Marak, banyak korban yang telah kehilangan sejumlah uang akibat aksi penipuan tersebut. Kini, modus-modus baru banyak bermunculan. Salah satunya dengan mengirimkan pesan melalui aplikasi Whatsapp.

Modus penipuan yang sering terjadi yaitu permintaan untuk melakukan install aplikasi undangan pernikahan. Caranya yaitu pelaku berpura-pura sebagai pihak pengirim undangan dengan mengirimkan file ekstensi APK, kemudian disertai foto undangan pernikahan kepada korban. Korban pun diminta untuk mengeklik dan meng-install aplikasi tersebut.


Setelah melakukan instalasi, korban harus menyetujui hak akses (permission) pada aplikasi, sehingga data pribadi yang bersifat rahasia dalam handphone korban bisa dicuri oleh pelaku.

Data yang dicuri tersebut juga beragam, ada yang bersifat pribadi dan berbagai informasi yang masuk melalui SMS, termasuk data perbankan yang bersifat rahasia seperti OTP (One Time Password) dan data lainnya dapat diambil oleh fraudster.

Baca juga: Viral! Modus Bobol Rekening Lewat Undangan Pernikahan Whatsapp, Bisa Kuras Saldo ATM

Baca juga: Profil Talitha Pavita Youtuber Jakarta Uncensored yang Bikin Prank Konten Tempelin Payudara, Ramai Dicancel Netizen

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Mahasiswa UI yang Tewas Ditabrak Purnawirawan, Ada 2 Versi Dari Sisi Kepolisian dan Keluarga

Berbagai Bank ternama di Indonesia juga telah melakukan edukasi terhadap masyarakat. Salah satunya adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Sumber:

UPDATE TERBARU