Sunday 19th of May 2024

Jadwal Festival Wayang Orang Indonesia di Semarang, Catat Tanggal dan Lokasinya Jangan Sampai Terlewat!

×

Jadwal Festival Wayang Orang Indonesia di Semarang, Catat Tanggal dan Lokasinya Jangan Sampai Terlewat!

--

ASCOMAXX.com - Festival Wayang Orang Indonesia menjadi salah satu acara budaya yang banyak dinantikan. Pada kesempatan artikel kali ini kami akan membagikan lengkap mengenai jadwal pertunjukan juga lokasi lengkapnya. Siimak rangkuman dibawah ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, R. Wing Wiyarso Poespojoedho, mengungkapkan bahwa tema Festival Wayang Orang Indonesia tahun ini adalah "Bersama Merawat Warisan Budaya Memajukan Wayang Orang Indonesia."


Ia menambahkan bahwa inisiatif untuk mengadakan festival ini berasal dari kekhawatiran akan hilangnya warisan lokal akibat pengaruh budaya luar.

Festival ini bertujuan untuk menghidupkan kembali seni tradisional Semarang, terutama seni wayang orang, yang merupakan bagian penting dari warisan budaya kota ini.

Baca juga: Spesifikasi HP Nokia G310 Sudah Pakai Jaringan 5G, Siap Geser Pasaran Android dan iOS Terbaru?

Baca juga: Viral Lirik Lagu Paman Datang dari MK, Singgung Kebijakan Soal Batas Usia Presiden Jelang Gibran Jadi Cawapres

Baca juga: Viral Video Ibu Tenggelamkan Bayi Ke Dalam Ember Sambil Tertawa di Jaksel, Polisi Langsung Usut Tuntas!

"Budaya lokal sudah mulai tergerus dengan budaya luar seperti drakor dan K-pop. Padahal warisan budaya tak benda dari seni tradisional kota Semarang cukup banyak. Termasuk potensi kesenian wayang orang, salah satunya Wayang Orang Ngesti Pandowo, warisan Maestro Ki Narto Sabdo yang juga telah terdaftar di tingkat nasional," ujarnya.

Acara ini akan menampilkan berbagai pertunjukan dari delapan kelompok seni wayang orang dari seluruh Indonesia, termasuk Jakarta, Surakarta, Malang, Gianyar Bali, dan kota-kota lainnya. Selama festival, pengunjung juga akan dapat menikmati pameran produk unik dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta pameran wayang dari seluruh Indonesia.

Jadwal dan Lokasi

Kota Semarang akan kembali menjadi tuan rumah untuk sebuah acara berkelas nasional. Setelah sukses menyelenggarakan JKPI atau Jaringan Kota Pusaka Indonesia pada bulan Agustus lalu, pada tanggal 18-21 Oktober 2023, kota ini akan menjadi tempat Festival Wayang Orang Indonesia tahun 2023.

Sumber:

UPDATE TERBARU