Friday 29th of March 2024

Download Contoh Soal Gugatan Perdata, Surat Kuasa, dan Surat Jawaban PDF

×

Download Contoh Soal Gugatan Perdata, Surat Kuasa, dan Surat Jawaban PDF

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai link download contoh surat gugatan perdata yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia merupakan sebuah negara hukum dimana memiliki aturan dan hukum yang berlaku serta harus ditaati oleh seluruh warga negara. Hukum di Indonesia sendiri dibagi sesuai dengan kasusnya masing-masing, salah satunya adalah hukum perdata.


Baca juga: Sumber Hukum Perdata Antara Lain? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Tangga Nada Gundul-Gundul Pacul, Berikut Lirik, dan Makna Lagu Tradisional yang Ikonik Ini

Baca juga: Cara Cek KK (Kartu Keluarga) Jawa Tengah Bisa Dilakukan Online Lewat dukcapil.kemendagri.go.id

Pengertian Hukum Perdata

Berdasarkan beberapa sumber, hukum adalah alat atau seperangkat kaidah. Perdata sendiri adalah pengaturan hak, harta benda dan sesuatu yang berkaitan antara individu dengan badan hukum. Hukum perdata merupakan ketentuan-ketentuan yang mengatur hak dan kewajiban seseorang dalam masyarakat.

Sedangkan definisi hukum perdata menurut para ahli yaitu:

1. Prof. Subekti

Menurut Prof. Subekti, hukum perdata merupakan semua hukum private materiil berupa segala hukum pokok mengatur kepentingan perseorangan.

2. Prof. Sudikno Mertokusumo

Hukum perdata yakni keseluruhan peraturan mempelajari tentang hubungan antara orang yang satu dengan orang lainnya. Baik meliputi hubungan keluarga dan pergaulan masyarakat.

3. Sri Sudewi Masjchoen Sofwan

Hukum perdata diartikan sebagai hukum yang mengatur kepentingan warga negara perseorangan yang satu dan perseorangan lainnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU