Thursday 16th of May 2024

Manfaat Lari Cross Country Untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Banget Buat yang Suka Olahraga Rame-Rame

×

Manfaat Lari Cross Country Untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Banget Buat yang Suka Olahraga Rame-Rame

--

4.  Meningkatnya kadar oksigen maksimal 

Paru-paru yang bekerja secara efektif ini mendorong meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke tubuh serta membantu jantung dalam mengirim darah ke seluruh tubuh. Meningkatnya kadar oksigen maksimal atau VO2max dalam tubuh ini juga mempengaruhi tinggi rendahnya daya tahan seseorang. 


Baca juga: Macam-Macam Latihan Keseimbangan dan Manfaatnya, Bisa Dilakukan di Rumah Tanpa Instruktur

Baca juga: Manfaat dan Kandungan Susu Dancow Full Cream Fortigro dan Enriched, Ternyata Bagus Buat Kembang Tumbuh Anak!

Tips Mempersiapkan Lari Cross Country untuk Pemula

Pelajari cara bernapas dengan benar, kemudian gunakan tubuh untuk memaksimalkan kecepatan lari dan daya tahan

Cara bernapas yang tepat saat berlari adalah dengan menarik nafas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut. Menghembuskan nafas melalui mulut ini memungkinkan paru-paru mengosongkan lebih cepat, sehingga nafas lain dapat diambil melalui hidung.

Gunakan seluruh tubuh untuk meningkatkan kecepatan lari

Pertama, tekuk lenganmu dekat dengan badan lalu pastikan lengan, bahu, dan tangan tetap rileks agar otot tidak tegang. Untuk lari, pusatkan gerakan pada kaki dan beban tubuh pada otot betis. Untuk menjaga kecepatan lari tetap stabil, telapak kaki yang boleh sedikit menyentuh tanah. Bisa dibayangkan, bukan?

Jangan mulai berlari terlalu cepat

Tahan keinginan untuk menjadi terdepan dalam jarak satu mil pertama. Pertahankan kecepatan lari yang seimbang. Sebaiknya simpan sedikit tenaga untuk melakukan sprint akhir mendekati garis finish. 

Nah, demikianlah informasi mengenai manfaat lari Cross Country untuk kesehatan tubuh yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU