Friday 17th of May 2024

Manfaat Lari Cross Country Untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Banget Buat yang Suka Olahraga Rame-Rame

×

Manfaat Lari Cross Country Untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Banget Buat yang Suka Olahraga Rame-Rame

--

Teknik Start dalam Lari Cross Country

Start dalam cross country dimulai secara massal. Terkadang, masing-masing tim memiliki kotak sendiri di sepanjang garis start. Kotak tersebut berfungsi memuat seluruh tim. Kotak ini juga bertujuan untuk membagi per tim sebelum lomba dimulai. Dalam start cross country, bunyi senapan ditanda sebagai mulainya perlombaan. 

Aturan dalam Lari Cross Country

Pelari harus tetap berada dalam jarak yang telah ditandai dalam lintasan. Panjang lintasan diukur dengan menggunakan roda. Untuk menandai media, panitia biasanya menggunakan berbagai alat, seperti selotip, kapur tulis, pita, cat, kerucut, dan bendera.


Selama balapan, pelari tidak diizinkan untuk melakukan kontak fisik satu sama lain. Pasalnya, pelari bisa didiskualifikasi. Biasanya, pelari menerapkan beberapa strategi. Pertama, setiap tim dapat berlari sebagai satu komplotan yang terdiri dari dua atau tiga orang. Strategi ini digunakan untuk membantu pelari yang lebih lambat. Kedua, setiap tim bisa berpencar sesuai dengan pace mereka. Dan ada satu pelari yang diunggulkan.

Baca juga: Sakti! Manfaat Getah Katilayu yang Wajib Kamu Tau, Bisa Jadi Jimat Penglaris dan Pemikat Lawan Jenis?

Baca juga: Ide Kado Harga 20 Ribuan Untuk Cewek Lucu dan Imut, Bermanfaat Tapi Bikin Senang!

Baca juga: Manfaat dan Kandungan Susu Dancow Full Cream Fortigro dan Enriched, Ternyata Bagus Buat Kembang Tumbuh Anak!

Manfaat Lari Cross Country

1. Meningkatkan Kelincahan

Lari cross country diselenggarakan di alam terbuka. Dengan medan yang beragam. Sehingga, kemampuan pelari akan sangat diuji di sini. Berbeda dengan lari marathon yang sebagian besar digelar di jalanan umum. Namun, dengan pengalaman sebagai cross country, pelari akan lebih mudah untuk melakukan lari marathon. Pasalnya mereka telah mengenal medan dengan lebih baik. 

2. Melatih Daya Tahan

Untuk jarak tempuh, Lari marathon memiliki panjang 42,2 Km dan membutuhkan daya tahan serta  kecepatan, sedangkan balapan cross country panjangnya bervarias. Mulai dari 5-10 Km, dan berlangsung di medan yang bervariasi, membutuhkan kekuatan, daya tahan, dan kecepatan.

3. Tubuh Lebih Bugar dan Kuat

Seperti yang telah umum kita ketahui, olahraga lari mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh menjadi lebih bugar dan kuat. Latihan lari yang dilakukan secara teratur dan konsisten ini membantu meningkatkan kerja paru-paru menjadi lebih efektif. 

Cek pembahasan selengkapnya yang akan kami kupas di slide selanjutnya!>>>

Sumber:

UPDATE TERBARU