Friday 29th of March 2024

Mengenal Jamur Cordyceps, Jadi Pemicu Wabah Zombie dalam Series The Last of Us

×

Mengenal Jamur Cordyceps, Jadi Pemicu Wabah Zombie dalam Series The Last of Us

--


Wabah zombie dalam series ini mendapatkan perhatian usai memperkenalkan jamur Cordyceps sebagai pemicunya. Lantas, apakah jamur tersebut ada di dunia nyata?

Baca juga: Viral! Scene Series The Last Of Us Episode 2 di Jakarta, Indonesia Hingga Kemunculan Christine Hakim

Baca juga: Nonton Series Mendua (2023) Episode 8 Tamat, Kisah Akhir Rumah Tangga Sekar dan Ivan


Baca juga: Nonton Series The Last of Us (2023) Episode 2 Sub Indo, Tayang Hari Ini! Pelarian dari Kejaran Tentara FEDRA

Tentang Jamur Cordyceps

Dilansir dari berbagai sumber, jamur Cordyceps merupakan jenis jamur yang dapat ditemukan di berbagai negara, lho! di Tiongkok sendiri, jamur ini sering digunakan sebagai obat.

Terdapat banyak spesies jamur cordyceps dan ophiocordyceps di Bumi. Jenis jamur tersebut juga dikenal memang memiliki kemampuan mengendalikan serangga, seperti semut untuk bertindak sesuai keinginan mereka.

Dampak Jamur Cordyceps Pada Manusia

Walaupun ada di dunia nyata dan memiliki kemampuan seperti di serialnya, namun menurut profesor biologi dari Universitas Utrecht Charissa de Bekker yang meneliti ophiocordyceps menuturkan bahwa, tidak ada dampak pada manusia.

Alasannya, tubuh manusia sangat berbeda dari serangga yang biasanya diinfeksi jamur ini, baik dari jaringan saraf hingga suhu tubuh. Bahkan apabila memang jamur ini bisa menyebabkan infeksi kecil pada manusia, mereka tidak memiliki kemampuan memanipulasi.

Sumber:

UPDATE TERBARU