Wednesday 8th of May 2024

Apakah BPJS Menanggung Biaya Operasi Wasir? Ini Dia Jawaban Dari Tenaga Medis!

×

Apakah BPJS Menanggung Biaya Operasi Wasir? Ini Dia Jawaban Dari Tenaga Medis!

--

ASCOMAXX.com – Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di rektum atau anus yang terjadi akibat peningkatan tekanan pada bagian bawah panggul. Pembengkakan ini kemudian menyebabkan ambeien internal (benjolan di dalam anus) maupun ambeien eksternal (benjolan di luar anus). Lalu apakah penyakit ini akan di tangani oleh BPJS?

Kini akan kami sampaikan mengenai Apakah BPJS Menanggung Biaya Operasi Wasir? yang akan menjawab semua pertanyaan kamu disini. Silahkan kamu simak disini ya pembahasannya.


Penyebab wasir atau hemoroid masih belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini diduga terkait dengan tingginya tekanan pada aliran darah di dalam atau di sekitar anus. Tekanan ini menyebabkan pembuluh darah di rektum membengkak dan mengalami peradangan.

Baca juga: Mengenal Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil yang Wajib Diketahui, Kini Bisa Dilakukan di Puskesmas: Tujuan, Prosedur, Biaya

Baca juga: Teknik Injeksi Im (Intramuskuler) 1/3 Sias yang Sesuai Prosedur Untuk Dewasa dan Anak-Anak, Tak Bisa Sembarangan

Baca juga: Manfaat dan Khasiat Teh Hijau Kepala Djenggot, Ternyata Inilah Faedahnya Untuk Kesehatan dan Juga Kecantikan

Menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons (ASCRS), konsumsi makanan berserat tinggi dan minum 8 hingga 10 gelas air per hari biasanya dapat membantu mengelola gejala wasir.  Pada beberapa kasus, penyakit wasir bisa ditangani dengan cara mengatur pola makan, menjaga kebersihan, serta mengubah kebiasaan buang air besar (BAB). 

Tapi bila sudah parah, penderita wasir harus menjalani tindakan operasi. Dokter memperkirakan bahwa kurang dari 10 persen kasus wasir memerlukan pembedahan.

Apakah BPJS Menanggung Biaya Operasi Wasir?

Adapun biaya operasi yang dikeluarkan biasanya berkisar mulai Rp2.000.000 hingga Rp40.000.000. Kisaran harga ini didapatkan dari sejumlah rumah sakit yang ada di kota besar. Hal ini berarti masih ada rumah sakit lain di wilayah yang tidak tercantum yang mungkin memasang harga lebih rendah atau lebih tinggi. 

Sumber:

UPDATE TERBARU