Monday 20th of May 2024

Teknik Injeksi Im (Intramuskuler) 1/3 Sias yang Sesuai Prosedur Untuk Dewasa dan Anak-Anak, Tak Bisa Sembarangan

×

Teknik Injeksi Im (Intramuskuler) 1/3 Sias yang Sesuai Prosedur Untuk Dewasa dan Anak-Anak, Tak Bisa Sembarangan

--

ASCOMAXX.com – Pembahasan yang kami sajikan di artikel berikut berkaitan untuk kamu yang ingin mengetahui teknik injeksi im (intramuskuler) 1/3 sias yang sesuai prosedur untuk dewasa dan anak-anak. Tentu saja sudah kami siapkan rangkumannya untukmu di sini, jadi baca hingga usai, ya!

Teknik injeksi intramuskuler adalah dengan menginjeksikan sediaan obat pada area otot. Otot yang dipilih adalah otot yang cukup besar, mudah diakses, dan memiliki vaskularisasi yang baik.


Dokter juga perlu memastikan bahwa alat suntik yang digunakan merupakan alat suntik baru dan sekali pakai (single use syringe) agar tidak terjadi transmisi penyakit menular seperti HIV dan hepatotis B pada pasien.

Baca juga: Syarat Suntik Catin di Puskesmas Wajib Banget Buat yang Mau Menikah Agar Terhindari Dari Tetanus

Baca juga: Cara dan Syarat Suntik TT Untuk Calon Pengantin Lengkap Dengan Biaya, Efek Samping, dan Manfaatnya

Baca juga: Rincian Biaya Suntik TT Untuk Catin di Puskesmas Terbaru Tahun 2023 Penting Buat Calon Pengantin Cegah Tetanus

Teknik Injeksi Im (Intramuskuler) 1/3 Sias

Persiapan Pasien

Persiapan pasien sebelum dilakukan injeksi intramuskuler adalah pemilihan lokasi injeksi, landmarking, dan preparasi kulit.

Pemilihan Lokasi Penyuntikan

Lokasi injeksi intramuskuler dipilih pada area yang bebas dari infeksi, nekrosis, memar, cedera otot, ataupun atrofi otot. Pemilihan lokasi injeksi juga tergantung pada jenis obat yang akan disuntikkan, volumenya, serta usia dan kondisi pasien. 

Ada 3 kelompok otot yang sering digunakan pada injeksi intramuskuler, yakni otot deltoid, otot ventrogluteal, dan otot quadricep femoris. Selain itu, injeksi intramuskuler juga dapat digunakan untuk tujuan kosmetik pada  injeksi toksin botulinum.

Sumber:

UPDATE TERBARU