Sunday 2nd of June 2024

Mengenal Puasa Ngebleng Itu Apa: Cek Pengertian, Syarat dan Tata Cara Serta Tujuannya Dalam Ajaran Kejawen

×

Mengenal Puasa Ngebleng Itu Apa: Cek Pengertian, Syarat dan Tata Cara Serta Tujuannya Dalam Ajaran Kejawen

--

Tujuan puasa ngebleng

Tujuan puasa ngebleng adalah untuk mendapatkan ilmu yang sifatnya sakti, misalnya ilmu kebal, ilmu silat ghoib atau lainnya. Selain menahan makan dan minum, seseorang yang melakukan puasa ini biasanya akan menahan tidurnya hingga waktu yang ditentukan.

Selain itu, tempat tinggal yang digunakan selama menjalani puasa ini pun harus dalam keadaan sunyi dan gelap gulita. Konon puasa ngebleng dipercaya memiliki banyak manfaat terutama untuk meningkatkan pengasihan. Selain itu juga dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan aura kewibawaan dan kharisma bagi laki-laki dan kecantikan serta pesona bagi para perempuan.


Tetapi tentu saja khasiat atau manfaatnya tidak terbatas pada hal tersebut saja. Lagi-lagi kembali kepada kesepakatan bersama Guru masing-masing karena bisa saja puasa ngebleng dilakukan untuk memenuhi hajat di bidang lain.

Baca juga: Tradisi Unik Santri Pondok Pesantren Tremas Pacitan Demi Lebih Mendalami Agama Islam

Baca juga: Kumpulan Pantun Pernikahan Melayu 2023, Sebuah Tradisi Adat Melayu yang Unik Banget!

Baca juga: Ini Organisasi Pencak Silat Terbesar di Jawa Timur yang Sudah Jadi Tradisi Antar Generasi

Pantangan dan Larangan Puasa Ngebleng

Tidak makan atau minum

Pantangan dari puasa ngebleng cukup berat, yakni seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa tidak boleh mengonsumsi makanan atau makanan meskis sangat lapar dan haus dalam kurun waktu paling singkat satu hari.

Tidak tidur

Kamu juga tidak boleh terlelap tidur dan bermimpi indah karena harus tetap bangun sampai sahur berikutnya tiba. 24 jam bukan waktu yang sedikit maka dari itu, sang pengamal membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa kuat untuk menjalaninya.

Hukum Puasa Ngebleng Dalam Islam

Hukum puasa ngebleng dalam Islam adalah tidak dibolehkan. Karena Islam hanya mengenal puasa wajib seperti puasa ramadhan, puasa kafarat, puasa nazar dan puasa qadha serta puasa-puasa sunnah pada umumnya semacam puasa daud, puasa senin kamis dan sebagainya.

Puasa ini dikerjakan dengan tidak memasukkan satu makanan atau minuman pun ke dalam mulut. Selain itu juga harus bedagang atau tetap bangun selama minimal 24 jam maka dari itu dibutuhkan firik yang kuat untuk menjalani puasa ngebleng ini.

Demikianlah informasi mengenai mengenal puasa ngebleng itu apa yang wajib kamu tahu untuk menambah wawasan. Semoga informasi pada artikel ini bisa membantu.

Sumber:

UPDATE TERBARU