Sunday 28th of April 2024

Amalan Rebo Wekasan Tradisi Jawa yang Melekat di Indonesia, Meminta Perlindungan Kepada Allah Swt

×

Amalan Rebo Wekasan Tradisi Jawa yang Melekat di Indonesia, Meminta Perlindungan Kepada Allah Swt

--

ASCOMAXX.com – Tradisi yang masih melekat dalam kebudayaan masyarakat Jawa yaitu Rabu Wekasan atau Rebo Wekasan. Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi selengkapnya silahkan simak artikel berikut ini hingga akhir.

Di kalangan masyarakat Jawa, Madura, Sunda dan yang lainnya. Rebo Wekasan mungkin bukanlah sesuatu yang asing. Hari yang biasa diisi dengan tradisi ritual yang dilaksanakan pada Rabu terakhir bulan Safar ini memiliki begitu banyak arti dan mitos.


Dalam film Inang yang akan tayang perdana di bioskop pada 13 Oktober 2022 mendatang kita dapat melihat cuplikan bahwa akan ada pembahasan emngenai salah satu tradisi jawa yang dikenal dengan Rabu Wekasan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Rabu Wekasan, Dipercaya Sebagai Hari Sial? Ini Amalan yang Sebaiknya Dilakukan

Baca juga: Rebo Wekasan Menurut Pandangan NU (Nahdlatul Ulama), Ternyata Ini Penjelasannya

Baca juga: Berapa Lama Lemper Bertahan? Intip Tips Agar Lemper Bisa Bertahan Lama!

Asal Usul Rabu Wekasan

Sesuai namanya, Rebo Wekasan atau yang sering disebut juga dengan Rebo Pungkasan adalah hari Rabu terakhir di bulan Safar pada Kalender Jawa. Hari ini dipercaya sebagai hari untuk berdoa menolak bala dan memohon kelimpahan hasil bumi.

Rabu Wekasan adalah hari di mana Nabi Muhammad SAW jatuh sakit selama 12 hari. Sehingga kepercayaan tradisi adat jawa yang bernama Rabu Wekasan ini juga dipercaya sebagai hari sial. Sehingga jika ada anak yang lahir di hari Rabu Wekasan, maka anak itu harus diruwat agar menghilangkan keburukannya.

Sumber:

UPDATE TERBARU