Sunday 28th of April 2024

Cara Menghitung Pendak 1 Orang Meninggal, Catat Rumusnya atau Bisa Langsung Pakai Aplikasi

×

 Cara Menghitung Pendak 1 Orang Meninggal, Catat Rumusnya atau Bisa Langsung Pakai Aplikasi

--

ASCOMAXX.com - Di bawah ini adalah informasi mengenai update cara menghitung pendak 1 orang meninggal yang tak boleh kamu lewatkan. Langsung saja buat kamu yangs udah penasaran, yuk cek informasinya di sini!

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari banyak suku bangsa. Hal tersebut rupanya memengaruhi berbagai budaya yang ada termasuk adanya tradisi selamatan. Dalam budaya Jawa tahlilan sendiri menjadi salah satu hal yang dilakukan usai sepeninggalnya keluarga atau sanak saudara.


Pada masyarakat Jawa ada banyak sekali tradisi yang masih dilestarikan hingga saat ini. Sebagai contoh adalah menghitung Weton, Pranata Mangsa Pertanian , Pembagian Waris Adat Jawa,  Pretung Cara Membuat Sumur Adat Jawa.

Baca juga: Kumpulan Contoh Undangan Haulan Tahlil dan Doa Bersama 3, 7, 40, 100, dan 1000 Hari

Baca juga: Isi Menu Nasi Berkat 1000 Hari Orang Meninggal yang Bisa Kamu Jadikan Referensi Untuk Tahlilan

Baca juga: Contoh Pidato Bahasa Arab dan Artinya Tentang Pentingnya Adab dan Akhlak, Pas Untuk Acara Tahlilan Keluarga dan Acara Lainnya

Selamatan untuk orang meninggal yang merupakan bentuk tradisi hasil persilangan dari agama Islam dan tradisi Jawa. Umumnya di rumah orang yang meninggal akan dilaksanakan doa bersama yang disebut tahlilan dengan mengundang tetangga.

Tingkatan Hari Peringatan Orang Meninggal 

  1. Geblag

Geblag adalah acara selamatan yang dilakukan setelah prosesi pemakaman. Geblag juga kerap disebut dengan istilah Ngesur/Nyaur Tanah. Cara menentukannya dengan rumus jisarji dan harus dilaksanakan saat itu juga.

  1. Nelung Dina

Nelung dina adalah selamatan setelah tiga hari kematian. Cara menghitung hari dan pasarannya menggunakan rumus lusarlu, yaitu hari ketiga dan pasaran ketiga. Tujuannya untuk menyempurnakan nafsu dalam jasad manusia yang berasal dari bumi, api, air, dan angin.

Sumber:

UPDATE TERBARU