Sunday 12th of May 2024

Cara Menghitung Pendak 1 Orang Meninggal, Catat Rumusnya atau Bisa Langsung Pakai Aplikasi

×

 Cara Menghitung Pendak 1 Orang Meninggal, Catat Rumusnya atau Bisa Langsung Pakai Aplikasi

--

  1. Mitung Dina

Mitung dina adalah selamatan setelah tujuh hari kematian. Cara menghitung hari dan pasarannya menggunakan rumus tusaro, yaitu hari ketujuh dan pasaran kedua. Tujuannya untuk menyempurnakan kulit dan rambutnya.

  1. Matangpuluh Dina

Matangpuluh dina adalah selamatan setelah 40 hari kematian. Cara menghitung hari dan pasarannya menggunakan rumus masarma, yaitu hari kelima dan pasaran kelima. Tujuannya untuk menyempurnakan anggota tubuh yang merupakan titipan dari kedua orang tua seperti darah, daging, sumsum, tulang, dan otot.

  1. Nyatus Dina

Nyatus dina adalah selamatan setelah 100 hari kematian. Cara menghitung hari dan pasarannya menggunakan rumus perhitungan rosarma, yaitu hari kedua dan pasaran kelima. Tujuannya untuk menyempurnakan badan atau jasadnya.

  1. Medhak Sepisan

Medhak sepisan adalah selamatan setelah satu tahun kematian. Cara menghitung hari dan pasarannya menggunakan rumus patsarpat, yaitu hari keempat dan pasaran keempat. Tujuannya adalah peringatan telah sempurnanya kulit daging dan semua isi perut.

  1. Medhak Pindho

Mendhak pindho adalah selamatan setelah dua hari kematian. Cara menghitung hari dan pasarannya menggunakan rumus rosarpat, yaitu hari kesatu dan pasaran ketiga. Tujuannya adalah peringatan telah sempurnanya semua anggota badan selain tulang.

  1. Nyewu

Nyewu adalah selamatan setelah seribu hari kematian. Cara menghitung hari dan pasarannya menggunakan rumus nemsarma, yaitu hari keenam dan pasaran kelima.

Baca juga: Status Anak Hamil di Luar Nikah Menurut Islam adalah: Ada Perbedaan Pendapat 2 Ulama Besar

Baca juga: Struktur Organisasi NU (Nahdlatul Ulama) dan Kepengurusannya, Organisasi Islam Terbesar Indonesia

Baca juga: Bacaan Doa Agar Pencuri Mengembalikan Barang Curiannya dalam Ajaran Islam Beserta Artinya

Cara Menghitung Selamatan Orang Meninggal

Saat ini, perhitungan selamatan orang meninggal sebenarnya bukan proses yang sulit, apalagi sudah ada kalkulator menghitung 1000 hari orang meninggal, menghitung 100 hari orang meninggal, dan tanggal yang dianggap penting. Ada pula rumus menghitung selamatan orang meninggal yang bisa kamu gunakan dengan memasukkan data tanggal kematian. 

Cara Menghitung Selamatan 1 Tahun Orang Meninggal

  • Rumus: patsarpat (hari keempat dan pasaran keempat)
  • Selamatan: Jika seseorang meninggal di bulan Sura, perhitungan dilakukan sampai 1 tahun di bulan Sura, kemudian dicocokkan hari kematiannya.
  • 4 hari 4 pasaran maka akan didapatkan hari Senin wage malam Selasa kliwon

Cara Menghitung Selamatan 1000 Hari Orang Meninggal

  • Rumus: nemsarma (hari keenam dan pasaran kelima)
  • Selamatan: Sabtu pahing dihitung 6 hari 5 pasaran, didapatkan hasil Rabu legi malam Kamis.Sebab, dihitung 35 bulan dimulai bulan kematiannya.
  • Sebagai informasi tambahan, apabila seseorang meninggal di tanggal 1, 2, 3 pada bulan Jawa dengan 30 hari, maka hitungannya akan berbeda karena dihitung 34 bulan. Contoh: seseorang meninggal tanggal 1, 2, 3 bulan Sura, maka dihitung sebagai 34 bulan kemudian disesuaikan.

Nah, sekian informasi yang dapat disampaikan berkenaan dengan cara menghitung pendak 1 orang meninggal. Semoga informasi ini bisa membantu, ya! 

Sumber:

UPDATE TERBARU