Sunday 19th of May 2024

Mengenal Puasa Ngebleng Itu Apa: Cek Pengertian, Syarat dan Tata Cara Serta Tujuannya Dalam Ajaran Kejawen

×

Mengenal Puasa Ngebleng Itu Apa: Cek Pengertian, Syarat dan Tata Cara Serta Tujuannya Dalam Ajaran Kejawen

--

ASCOMAXX.com - Kali ini akan kami sampaikan informasi mengenai mengenal puasa ngebleng itu apa yang tentunya wjaib kamu tahu sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki banyak suku dan budaya. 

Filosofi Jawa menyatakan, puasa dilakukan untuk menggembleng jiwa, raga, mempertajam rasa batin, serta menyucikan hati dan pikiran. Penganut Kejawen telah menemukan berbagai cara demi membangkitkan spirit.


Hal ini dilakukan semata-mata supaya menjadikan manusia yang kuat jiwanya dan luas alam pemikirannya, salah satunya yaitu dengan melakukan puasa yang diyakini dengan tradisi kejawen.

Baca juga: Rekomendasi Obat Cacing Ayam Bangkok Tradisional Paling Manjur 2023, Bisa Dibeli di Apotek Terdekat!

Baca juga: Bahan Racikan Obat Cacing Alami Untuk Ayam Bangkok Tradisinonal , Pakai Ini Dijamin Langsung Ampuh Sembuhkan Penyakit!

Baca juga: Daftar Obat Cacing Alami Untuk Ayam Bangkok Tradisional, Aman Banget Buat Dikonsumsi Pada Hewan Ternakmu

Bagi setiap umat muslim, puasa merupakan menahan diri. Secara istilah artinya adalah beribadah kepada Allah SWT dengan menahan diri dari makan, minum, perbuatan buruk, dan pembatal puasa lainnya, dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Namun ternyata tak cuam umat muslim saja yang melaksanakan puasa. Di adat Jawa ada beberapa puasa yang menarik. Salah satunya adalah puasa ngebleng. Berikut ini pembahasannya.

Pengertian Puasa Ngebleng

Kata "ngebleng" berasal dari bahasa jawa yang artinya tidak sama sekali. Maka puasa ngebleng dapat didefinisikan sebagai puasa tanpa makan dan minum sama sekali minimal 3 hari tiga malam.

Sumber:

UPDATE TERBARU