Monday 17th of June 2024

Profil dan Spesifikasi Bendungan Sermo Kulon Progo, Cakupan Irigasi Seluas 7.152 Hektar dan Telan Biaya Rp 22 Miliyar

×

Profil dan Spesifikasi Bendungan Sermo Kulon Progo, Cakupan Irigasi Seluas 7.152 Hektar dan Telan Biaya Rp 22 Miliyar

--


Bendungan Sermo dibangun dengan membendung Kali Ngrancah di Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap dengan biaya pembangunan mencapai Rp 22 miliar.

Baca juga: Spesifikasi Bendungan Ladongi Sulawesi Tenggara, Diresmikan Presiden Jokowi dengan Total Area Irigasi 7.424 Hektar

Baca juga: Bendungan Sigura Gura Simpan Pesona Tersembunyi, Intip Fakta Menariknya: Nomor 3 Bikin Pengen Datang Langsung


Baca juga: Fakta Menarik Bendungan Ciawi Jawa Barat, Dam Kering Pertama Indonesia yang Siap Cegah Banjir Jakarta

Untuk pembangunan Bendungan Sermo, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo melakukan transmigrasi massal alias “bedol desa”. Terdapat 100 KK ditransmigrasikan ke Tak Toi Bengkulu dan 7 KK ditransmigrasikan ke Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Kelapa Sawit Riau.

Fungsi Bendungan Sermo

Hingga saat ini, Bendungan Sermo dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan untuk air irigasi yang mengairi sawah di daerah Wates dan sekitarnya.

Lokasi bendungan ini juga digunakan untuk lomba dayung hingga pelatihan bagi Akademi Angkatan Udara (AAU). Bendungan Sermo pun dijadikan objek diskusi akademika tentang evaluasi geologi teknik dan kerentanan gerakan tanah di sekitar waduk tersebut.

Pemanfaatan lainnya dari Bendungan Sermo yaitu sering dijadikan masyarakat sebagai tempat wisata dengan kegiatan seperti perahu wisata, area camping, kuliner, tempat nongkrong dan event-event resmi.

Sumber:

UPDATE TERBARU