Sunday 19th of May 2024

Spesifikasi Bendungan Ladongi Sulawesi Tenggara, Diresmikan Presiden Jokowi dengan Total Area Irigasi 7.424 Hektar

×

Spesifikasi Bendungan Ladongi Sulawesi Tenggara, Diresmikan Presiden Jokowi dengan Total Area Irigasi 7.424 Hektar

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai profil dan spesifikasi Bendungan Ladongi yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Sejarah Pembangunan Bendungan Ladongi, Jadi Waduk Pertama di Sulawesi Tenggara

Baca juga: Wisata Bendungan Sigura Gura yang Suguhkan Bentang Alam Eksotis di Sekitar Danau Toba: Cek Harga Tiket dan Lokasinya di Sini

Baca juga: Profil & Spesifikasi Bendungan Ciawi Jawa Barat, Diharap Mampu Tahan Air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango

Sekilas Tentang Bendungan Ladongi

Bendungan Ladongi merupakan sebuah bendungan yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Bendungan Ladongi sendiri dibangun pada alur Sungai Ladongi di Desa Atula, Kecamatan Ladongi.

Diketahui jika Bendungan Ladongi memiliki kapasitas tampung 36,25 juta meter kubik dan luas genangan mencapai 119,8 hektare. Bendungan ini diresmikan pada tanggal 28 Desember 2021 oleh presiden Joko Widodo.

Profil dan Spesifikasi Bendungan Ladongi

Berdasarkan beberapa sumber, pembangunan Bendungan Ladongi dimulai pada tahun 2016 lalu. Pembangunan tersebut ditargetkan selesai akhir tahun 2021. Tujuan pembangunannya untuk mengoptimalkan potensi aliran Sungai Ladongi sebagai sumber daya air di Kabupaten Kolaka Timur.

Sumber:

UPDATE TERBARU