Sunday 19th of May 2024

Bendungan Sigura Gura Simpan Pesona Tersembunyi, Intip Fakta Menariknya: Nomor 3 Bikin Pengen Datang Langsung

×

Bendungan Sigura Gura Simpan Pesona Tersembunyi, Intip Fakta Menariknya: Nomor 3 Bikin Pengen Datang Langsung

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami sampaikan informasi terkait dengan fakta menarik Bendungan Sigura Gura, simak selengkapnya di sini. Biar tak ketinggalan informasinya, mari baca sampai usai, ya.

Bendungan Sigura Gura merupakan bendungan terbesar di Indonesia setelah Bendungan Sutami. Bendungan ini berfungsi untuk menjamin ketersediaan volume air dan besarnya energi air yang diperlukan bagi pembangkit tenaga listrik di PLTA Sigura-Gura.


Mulai dibangun pada bulan Mei 1978 dan selesai bulan Desember 1981, Bendungan Sigura-Gura berjenis struktur Beton Gravity dengan tinggi bendungan 46 meter dari dasar Sungai Asahan, dengan volume 6.140.000 m3.

Baca juga: Sejarah Bendungan Sigura Gura, Puluhan Tahun Berjasa Alirkan Kehidupan Buat Masyarakat di Sekitar

Baca juga: Wisata Bendungan Sigura Gura yang Suguhkan Bentang Alam Eksotis di Sekitar Danau Toba: Cek Harga Tiket dan Lokasinya di Sini

Baca juga: Link Telegram Nonton Drama Turki Sub Indo Lengkap dan Gratis: Buruan Join Grupnya Sebelum Penuh

Fakta Menarik Bendungan Sigura Gura

1. Dibangun sejak tahun 1970

Butuh waktu kurang lebih 4 tahun, yakni tahun 1977 untuk merampungkan proses konstruksinya. Barulah setahun setelah pengerjaannya selesai, bendungan ini digunakan secara komersial. Jadi, terhitung masa pertama kali operasinya di tahun 1981, Bendungan Sigura-gura sudah menghasilkan listrik selama lebih dari 40 tahun.

Sumber:

UPDATE TERBARU