Monday 29th of April 2024

Sejarah Bendungan Sigura Gura, Puluhan Tahun Berjasa Alirkan Kehidupan Buat Masyarakat di Sekitar

×

Sejarah Bendungan Sigura Gura, Puluhan Tahun Berjasa Alirkan Kehidupan Buat Masyarakat di Sekitar

--

ASCOMAXX.com - Setiap wilayah di Indonesia menyimpan cerita dan keunikan yang menaik untuk dieksplorasi. Berikut kami sampaikan Sejarah Bendungan Sigura Gura. Cek di sini.

Bendungan adalah bangunan yang berfungsi sebagai penahan laju air hingga menjadi objek wisata. Di dunia, ada beberapa bendungan terbesar yang dapat menampung air hingga ratusan miliar meter kubik.


Daya Tarik Bendungan merupakan tempat wisata yang dikenal dengan daya tarik alamnya yang memesona, selain itu destinasi wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin refreshing dengan budget yang murah.

Baca juga: Wisata Bendungan Sigura Gura yang Suguhkan Bentang Alam Eksotis di Sekitar Danau Toba: Cek Harga Tiket dan Lokasinya di Sini

Baca juga: Pesona Bendungan Kering Ciawi-Sukamahi Sebagai Destinasi Wisata Baru di Jawa Barat

Baca juga: Fakta Menarik Bendungan Ciawi Jawa Barat, Dam Kering Pertama Indonesia yang Siap Cegah Banjir Jakarta

Bendungan Sigura-gura berjarak sekitar 4,9 km dari Tangga. PLTA Sigura-gura dibangun sejak 1978 dan mulai beroperasi pada 1981. Bendungan ini memiliki tinggi sekitar 43 meter dengan kapasitas debit air normal hingga 105,4 meter kubik per detik.

Seperti Tangga, Bendungan Sigura-gura berfungsi memberikan sumber air untuk menggerakkan stasiun pembangkit. Bedanya, pembangkit Sigura-gura berada di kedalaman 200 m dan merupakan PLTA bawah tanah pertama di Indonesia.

Sumber:

UPDATE TERBARU