Thursday 16th of May 2024

Fakta Menarik Bendungan Ladongi Sulawesi Tenggara, Siap Jadi Destinasi Wisata Air Baru

×

Fakta Menarik Bendungan Ladongi Sulawesi Tenggara, Siap Jadi Destinasi Wisata Air Baru

--


1. Pengerjaan Bendungan

Berdasarkan beberapa sumber, pembangunan Bendungan Ladongi dimulai pada tahun 2016 lalu. Pembangunan tersebut ditargetkan selesai akhir tahun 2021. Tujuan pembangunannya untuk mengoptimalkan potensi aliran Sungai Ladongi sebagai sumber daya air di Kabupaten Kolaka Timur.

Baca juga: Rekomendasi Channel Drama Turki di Telegram Sub Indo Beserta Cara Nontonnya yang Wajib Kamu Tahu: Gratis Loh!


Baca juga: Cara Menggunakan Bawang Putih Sebagai Obat Sinus, Cuma Butuh Waktu 5 Menit Biar Napas Lega

Baca juga: Cara Masuk Pondok Pesantren Gontor: Biaya, Syarat dan Ketentuan, Ujian, Serta Lokasi Pendaftaran

2. Biaya Pembangunan Bendungan

Bendungan tipe urugan batu ini dikerjakan oleh kontraktor BUMN PT Hutama Karya dengan kerja sama operasi (KSO) bersama kontraktor swasta nasional yaitu PT Bumi Karsa. Biaya pembangunan bendungan Ladongi sendiri berasal dari APBN sebesar Rp. 1,14 Triliun.

3. Potensi Wisata Bendungan Ladongi

Bendungan Ladongi juga diproyeksikan dapat dikembangkan sebagai objek wisata air terbaru di Kabupaten Kolaka Timur. Hal tersebut dibuktikan dengan pada acara peresmian, Presiden Jokowi turut mencoba menaiki perahu naga dan mendayung di sekitar area bendungan.

Eks Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, Haeruddin C Maddi juga menjelaskan bahwa posisi Bendungan Ladongi sangat bagus dan cocok untuk dijadikan destnasi wisata. Wah, makin tidak sabar berkunjung, bukan?

Nah, itu dia informasi mengenai fakta menarik dari pembangunan Bendungan Ladongi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan update berita terkini melalui Ascomaxx.com!

Sumber:

UPDATE TERBARU