Saturday 4th of May 2024

Inspirasi Kegiatan MPLS Untuk Siswa Baru SMP/MTS yang Seru dan Memotivasi

×

Inspirasi Kegiatan MPLS Untuk Siswa Baru SMP/MTS yang Seru dan Memotivasi

--

ASCOMAXX.com - Kegiatan orientasi pada peserta didik baru penting dilakukan untuk membantu para siswa dalam beradaptasi dan mengenal lingkungan sekolah. Seperti berikut ini, beberapa inspirasi kegiatan MPLS untuk siswa baru di SMP dan MTS yang bisa digunakan.

Kegiatan MPLS di sekolah sendiri dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan program masing-masing sekolah. MPLS biasanya diadakan di awal tahun ajaran baru untuk membantu para peserta didik baru dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.


MPLS bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengenalan kepada siswa baru mengenai lingkungan sekolah, aturan-aturan, kegiatan-kegiatan, dan nilai-nilai yang dianut di sekolah tersebut. Selain itu, MPLS juga memberikan kesempatan siswa baru untuk berkenalan dengan teman-teman sekelas.

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyambut siswa baru yang akan memasuki tingkat pendidikan baru, seperti tingkat SD, SMP, SMA atau bahkan hingga perguruan tinggi.

Baca juga: Kumpulan Contoh Brosur Penerimaan Siswa Baru SMP Tahun 2023, Keren dan Menarik!

Baca juga: Cara Membuat Spanduk Penerimaan Siswa Baru, Mudah Banget Lewat Canva!

Baca juga: Tips Cari Kost Kostan Bagi Mahasiswa Baru Kampus UPN Veteran, AMIKOM, YKPN Jogja, Harga Makanan Masih Murah

MPLS juga dapat mencakup sesi orientasi akademik di mana siswa baru diberikan informasi tentang kurikulum, mata pelajaran yang akan dipelajari, sistem penilaian, dan sumber daya akademik yang tersedia di sekolah. Berikut ini beberapa ide kegiatan MPLS untuk SMP/MTS yang bisa jadi inspirasi.

Inspirasi Kegiatan MPLS MTS/SMP

1. Pengenalan Aktivitas Ekstrakurikuler di Sekolah

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan dalam MPLS adalah memperkenalkan berbagai aktivitas ekstrakurikuler di sekolah. Untuk acara ini, biasanya diadakan pesta seni atau pameran di mana siswa dapat melihat dan memahami ragam kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia.

Sumber:

UPDATE TERBARU