Monday 20th of May 2024

Kumpulan Kegiatan MPLS SMA/SMK Bisa Jadi Inspirasi Untuk Peserta Didik Baru

×

Kumpulan Kegiatan MPLS SMA/SMK Bisa Jadi Inspirasi Untuk Peserta Didik Baru

--

ASCOMAXX.com - Pada saat masa penerimaan peserta didik baru, tentu kegiatan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah begitu diperlukan. Biasanya dalam acara MPLS terdapat serangkaian acara atau kegiatan. Berikut ini beberapa kegiatan MPLS yang bisa dijadikan referensi.

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyambut siswa baru yang akan memasuki tingkat pendidikan baru, seperti tingkat SMP atau SMA bahkan hingga perguruan tinggi.


MPLS bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengenalan kepada siswa baru mengenai lingkungan sekolah, aturan-aturan, kegiatan-kegiatan, dan nilai-nilai yang dianut di sekolah tersebut. Selain itu, MPLS juga memberikan kesempatan siswa baru untuk berkenalan dengan teman-teman sekelas.

Kegiatan MPLS di sekolah sendiri dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan program masing-masing sekolah. MPLS biasanya diadakan di awal tahun ajaran baru untuk membantu para peserta didik baru dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.

Baca juga: Perbedaan Kelas Ekonomi Kapal Pelni Sesuai Dengan Harga Tiketnya Terupdate

Baca juga: Contoh Struktur Organisasi Kelas Kreatif dari Kertas Karton, Auto Menang Lomba Classmeeting!

Baca juga: Daftar Rumah Sakit Bersalin Populer Terdekat di Tangerang, Lengkap Biaya dan Layanan Tiap Kelasnya

MPLS juga dapat mencakup sesi orientasi akademik di mana siswa baru diberikan informasi tentang kurikulum, mata pelajaran yang akan dipelajari, sistem penilaian, dan sumber daya akademik yang tersedia di sekolah. Berikut ini beberapa ide kegiatan MPLS untuk SMA/SMK yang bisa jadi inspirasi.

Kumpulan Kegiatan MPLS SMA/SMK

1. Menemukan potensi yang dimiliki oleh siswa

Melalui program MPLS di SMA, sekolah dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi dan mengembangkan potensi diri mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan materi atau kegiatan yang mendorong siswa untuk menunjukkan potensi terpendam mereka tanpa rasa malu.

Sumber:

UPDATE TERBARU