Saturday 4th of May 2024

4 Ide Tema Unik Kegiatan Pondok Ramadhan Jelang Puasa 2023, Cocok Buat Kegiatan di Sekolah dan Pesantren

×

4 Ide Tema Unik Kegiatan Pondok Ramadhan Jelang Puasa 2023, Cocok Buat Kegiatan di Sekolah dan Pesantren

--

Seperti dilansir beberapa media, ide kegiatan pondok ramadhan di berbagai sekolah bisa di isi dengan kegiatan berikut ini yang barangkali bisa di terapkan dan bisa bermanfaat :

1. Kegiatan Buka Puasa Bersama


Kegiatan yang tidak boleh di lewatkan adalah dengan mengadakan kegiatan buka bersama yang dilakukan di masjid atau tempat-tempat yang di tentukan. Pastinya buka puasa bukan sekadar buka, tetapi harus bisa diisi dengan ngaji bersama, atau ceramah, ataupun kegiatan bermanfaat lainnya.

2. Pesantren kilat

Kegiatan merupakan kegiatan wajib yang dilakukan sekolah untuk siswanya dalam rangka menghidupkan nilai-nilai kegamaan dalam nuansa Ramadhan dan biasanya hanya berlangsung 1-2 minggu saja. Kegiatan disini bisa di isi oleh ceramah, mengaji bersama dan kegiatan lain nya.

Baca juga: Hukum Puasa Bagi Orang yang Sudah Sangat Tua Adalah? Ini Dia Jawaban dan Dalilnya

Baca juga: Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan 2023 dengan Metode Pengamatan dan Perhitungan

Baca juga: Apa Itu Haji Kecil? Ini Artinya, Nama Lain Dari Ibadah Umroh Dalam Islam Untuk Menambah Pengetahuanmu

3. Bagi-Bagi Takjil saat Ngabuburit

Anak-anak di sekolah harus diajarkan makna berbagi sejak dini. Salah satu kegiatan Ramadhan ini bisa dimanfaatkan oleh para orang tua untuk mengajarkan tentang makna berbagi kepada anak-anaknya. Kegiatan pondok ramadhan di sekolah yang bisa di terapkan saat ngebuburit di sore hari sambil menunggu buka puasa.

4. Salat berjamaah

Salat berjamaah juga bisa membantu meningkatkan kedekatan antar anak anak di lingkungan sekolah saat pondok ramadhan. Setelah salat, ustadz yang berada di lingkungan sekolah bisa memberi ceramah singkat yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan, misalnya perintah tentang puasa, manfaat puasa, ibadah yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai 4 Ide Kegiatan unik untuk Pondok Ramadhan 2023 yang bisa di terapkan. Semoga informasi pada artikel ini bisa membantu.

Sumber:

UPDATE TERBARU