Sunday 5th of May 2024

Apa Itu Haji Kecil? Ini Artinya, Nama Lain Dari Ibadah Umroh Dalam Islam Untuk Menambah Pengetahuanmu

×

Apa Itu Haji Kecil? Ini Artinya, Nama Lain Dari Ibadah Umroh Dalam Islam Untuk Menambah Pengetahuanmu

--

ASCOMAXX.com - Lewat artikel pada kesempatan kali ini, akan kami berikan informasi tentang haji kecil, sebutan lain untuk umroh. Simak sampai tuntas rangkuman ini.

Di antara sekian banyak ibadah yang Allah perintahkan baik dalam Alquran maupun al-Sunnah adalah syariah terkait ibadah umrah. Ibadah umrah, bukan pemandangan biasa, tapi ibadah suci, ibadah luar biasa yang perlu persiapan matang. Tapi pernahkan kamu mendengar istilah haji kecil? Ternyata, haji kecil adalah nama lain dari umroh.


Sementara itu, pengertian haji kecil adalah umroh ini, berasal dari sebuah hadis. Terkait haji kecil atau umroh ini berdasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW: “Dan sesungguhnya umroh adalah haji kecil..” (dishahihkan oleh Imam Ahmad dan Al-Laili).

Baca juga: Hukum Puasa Bagi Orang yang Sudah Sangat Tua Adalah? Ini Dia Jawaban dan Dalilnya

Baca juga: Kisah Mengerikan Hantu Herlina, Upaya Balas Dendam Orang Tua Santriwati Pakai Jin Jahat

Baca juga: Arti Haleluya Adalah? Dilengkapi dengan Ayat Al Kitab Tentang Haleluya

Secara bahasa, umroh dalam bahasa Arab bermakna berkunjung. Ada pula yang mengatakan maknanya adalah menyengaja. Secara istilah, syari, menurut Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab Muhtaj Fii Syarhi Al-Minhaj, umrah secara menurut syar'i adalah menyengaja (mendatangi) Ka'bah untuk melaksanakan ritual ibadah (thawaf dan sa'i).

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU