Saturday 18th of May 2024

Apa Itu Haji Kecil? Ini Artinya, Nama Lain Dari Ibadah Umroh Dalam Islam Untuk Menambah Pengetahuanmu

×

Apa Itu Haji Kecil? Ini Artinya, Nama Lain Dari Ibadah Umroh Dalam Islam Untuk Menambah Pengetahuanmu

--

Kesiapan menunaikan ibadah umrah tidak hanya terletak pada aspek material (jasmani dan materi), tetapi juga pada kesiapan mental dan spiritual. Kehendak ini tercermin, antara lain, dalam tiga sakramen: suci hati melalui pelurusan niat (syukur hanya kepada Allah SWT), suci jiwa melalui taubat dan suci harta melalui zakat, infak dan sedekah. Umrah juga mengunjungi kota suci Mekkah dan Madinah. Dan yang terpenting, umrah memenuhi panggilan Tuhan Yang Maha Esa.

Keutamaan Melaksanakan Haji Kecil/Umroh

- Menghapuskan Dosa. Keutamaan umroh yang utama ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam satu hadist. Dari Abu Hurairah ia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR Bukhari dan Muslim).


Baca juga: Murah Banget! Cara ke FX Sudirman Dengan Naik TransJakarta, Tarif-nya Ramah di Kantong

Baca juga: Viral! Aliran Sesat Hakikinya Hakiki di Makassar, Ungkap Pernah Bertemu Alloh dan Mengganti Rukun Islam Jadi 13

Baca juga: Nama-Nama Gunung di Pulau Kalimantan Antara Lain? Berikut Jawabannya!

- Menghilangkan Kefakiran. Keutamaan kedua juga merupakan ibadah yang disebut Rasulullah SAW dapat menghilangkan kefakiran dan menghapuskan dosa-dosa. Dari Abdullah, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Ikutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR An Nasai, Tirmidzi, Ahmad).

- Disetarakan dengan Berjihad bagi Perempuan. Keutamaan yang ketiga ini khusus perempuan. Perjuangan jamaah perempuan saat umroh disetarakan oleh Rasulullah SAW dengan berjihad. Hal ini diungkapkan olehnya kepada Aisyah. “Aisyah berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah perempuan juga wajib berjihad?’. Rasulullah SAW menjawab: ‘Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh’.” (HR Ibnu Majah).

Syarat melaksanakan haji kecil/umroh

- Beragama Islam atau merupakan orang muslim. Ini merupakan syarat yang utama, karena bersyahadat dan memeluk agama Islam merupakan tiket wajib agar diterimanya amalan ibadah.

- Baligh dan berakal. Baligh merupakan batas manusia sudah masuk ke perhitungan amalan baik atau buruk akan tercatat sebagai pahala atau dosa. Untuk batasan baligh dimulai saat seseorang pertama kali merasakan mimpi basah, munculnya bulu kemaluan, haid untuk perempuan, dan sebagainya.
Merdeka atau bukan hamba sahaya. Meski begitu, saat ini sudah sangat jarang yang masih menerapkan perbudakan semacam ini.

Baca juga: Hadits Menyulitkan Urusan Orang Lain dan Balasan Bagi Yang Melakukannya, Begini Kata Ustadz Abdul Somad

Baca juga: Apa Hukum Melaksanakan Shalat Sunnah Rawatib Qabliyah Subuh? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Baca juga: Sinopsis Duan Nago Bogho, Film Aksi dan Drama Terbaru Malaysia yang Viral di TikTok

- Memiliki kemampuan. Maksudnya mampu secara finansial, kesehatan, maupun pengetahuan.

- Adanya mahram bagi perempuan. Ditemani mahram merupakan salah satu syarat perempuan boleh bepergian jauh di dalam Islam. Ibadah ini merupakan salah satu ibadah yang wajib bersafar, oleh karenanya perlu bersama mahram.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU