Thursday 25th of April 2024

Hukum Puasa Bagi Orang yang Sudah Sangat Tua Adalah? Ini Dia Jawaban dan Dalilnya

×

Hukum Puasa Bagi Orang yang Sudah Sangat Tua Adalah? Ini Dia Jawaban dan Dalilnya

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai hukum puasa bagi orang yang sudah sangat tua yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Bagi setiap umat muslim, puasa merupakan menahan diri. Secara istilah artinya adalah beribadah kepada Allah SWT dengan menahan diri dari makan, minum, perbuatan buruk, dan pembatal puasa lainnya, dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.


Baca juga: Sinopsis Film Animasi Malaysia Mechamato (2022) Sajikan Kisah Petualangan Seru Seorang Bocah Melawan Robot Jahat Dari Luar Angkasa

Baca juga: Mengenal Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah, Ada Apa Saja?

Baca juga: Baca Manhwa Royal Marriage Chapter 41 Bahasa Indonesia, Bakal Jadi Awal dari Season 2 Untuk Hubungan Tatiana dan Kainel

Syarat wajib puasa sendiri yaitu:

1. Beragama Islam
2. Baligh
3. Berakal atau Tidak Gila
4. Sehat
5. Mampu
6. Tidak Sedang dalam Perjalanan
7. Suci dari Haid dan Nifas

Untuk syarat sah puasa yaitu:

1. Islam
2. Niat
3. Berakal
4. Masuk Waktu Puasa
5. Suci dari Haid dan Nifas

Lalu, bagaimanakah hukum puasa bagi orang yang sudah sangat tua? Baca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan jawabannya!

Hukum Puasa Bagi Orang yang Sudah Sangat Tua

Berdasarkan buku Fiqih Puasa karya Iswandi El Nisamy (2021:42), para ulama telah sepakat bahwa orang yang sudah sangat tua dengan kondisi tidak mampu berpuasa, diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Mereka cukup membayar fidyah sesuai jumlah puasa yang ditinggalkan.

Sumber:

UPDATE TERBARU