Sunday 28th of April 2024

Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan 2023 dengan Metode Pengamatan dan Perhitungan

×

Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan 2023 dengan Metode Pengamatan dan Perhitungan

--

ASCOMAXX.com - Pada tahun 2023, bulan Ramadhan akan tiba pada bulan Maret yang artinya sebentar lagi akan tiba. Biasanya pada awal Ramadhan akan dilakukan penentuan hilal untuk penetapan 1 Ramadhan. Berikut cara menentukan awal bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat Muslim melakukan ibadah puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad. Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam.


Keutamaan puasan sendiri tertera dalam hadist HR. Bukhari yang isinya, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim No. 860).

Dalam penentuan awal Ramadhan biasanya akan dilaksanakan sidang isbat, yaitu sidang yang diselenggarakan Kementerian Agama RI untuk menentukan jatuhnya awal bulan di kalender Hijriyah, termasuk Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Baca juga: Link Download Banner Harlah NU (Nahdlatul Ulama) 1 Abad 2023 Terbaru, Klik di Sini

Baca juga: Jadwal Kirab Satu Suro 2023 di Solo Jawa Tengah Lengkap Dengan Informasi Rutenya, Jangan Lupa Join

Baca juga: Kenapa Bulan Rajab Disebut Bulan Haram, Begini Penjelasan Ulama dan Hadist Rasulullah SAW

Cara Penentuan Awal Ramadhan

1. Metode Hisab

Metode Hisab merupakan perhitungan yang dilakukan secara astronomis dan matematis yang memperhatikan letak secara geometris matahari, bulan, bumi dan benda-benda langit lainya.

Sumber:

UPDATE TERBARU