Saturday 20th of April 2024

4 Ide Tema Unik Kegiatan Pondok Ramadhan Jelang Puasa 2023, Cocok Buat Kegiatan di Sekolah dan Pesantren

×

4 Ide Tema Unik Kegiatan Pondok Ramadhan Jelang Puasa 2023, Cocok Buat Kegiatan di Sekolah dan Pesantren

--

ASCOMAXX.com - Dalam beberapa hari lagi Ramadhan sudah di depan mata. Biasanya pada awal Ramadhan akan dilakukan penentuan hilal untuk penetapan 1 Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat Muslim melakukan ibadah puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad. Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam.

Memasuki bulan Ramadhan, setiap lembaga pendidikan pasti mengagendakan kegiatan pesantren kilat. Pesantren kilat atau pondok Ramadhan merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan selama beberapa hari di bulan Ramadhan baik di lembaga SD, SMP, maupun SMA.


Baca juga: 7 Tema Kegiatan Pondok Ramadhan Unik Jelang Bulan Suci Tahun 2023, Pas Untuk Kegiatan di Sekolah dan Pesantren

Baca juga: Kapan Puasa Ramadhan 1444 H Dimulai? Begini Versi Muhammadiyah, NU & Pemerintah

Baca juga: Hukum Puasa Rajab Digabung dengan Puasa Qadha Ramadhan, Catat Penjelasan Lengkapnya

Biasanya di di bulan Ramadhan sering di adakan berbagai kegiatan keagamaan baik di pesantren maupun sekolah. Kegiatan di bulan ramadhan yang selalu di nanti ialah Pondok Ramadhan. Untuk Pondok Ramadhan biasanya banyak tema-tema yang bisa di ikuti. 

Nantinya penentuan awal Ramadhan biasanya akan dilaksanakan sidang isbat, yaitu sidang yang diselenggarakan Kementerian Agama RI untuk menentukan jatuhnya awal bulan di kalender Hijriyah, termasuk Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah yang pastinya kegiatan di sekolah akan bertambah menjelang ramadhan nanti.

Sumber:

UPDATE TERBARU