Monday 29th of April 2024

Erupsi Gunung Merapi Buat 3 Wilayah di Jawa Tengah Terdampak, Ganjar: Siap Evakuasi Warga!

×

Erupsi Gunung Merapi Buat 3 Wilayah di Jawa Tengah Terdampak, Ganjar: Siap Evakuasi Warga!

--

Evakuasi Erupsi Gunung Merapi

Sebelumnya, BPPTKG mulai menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada (level II) ke Siaga (level III) pada November 2020 silam. Status ini masih dipertahankan hingga kini karena potensi aktivitas keluar magma masih tinggi.

Tidak disangka, di tanggal 11 Maret 2023 tepatnya hari Sabtu pada jam 12.12 WIB terdapat laporan jika Gunung Merapi pada hari itu mengalami erupsi.  Rangkaian erupsi Gunung Merapi yang terjadi sejak Sabtu, 11 Maret 2023 pada siang hingga sore diakibatkan terjadi akibat longsoran kubah lava sisi barat daya dan masih berlanjut hingga waktu dini hari di tanggal 12 Maret 2023.


Baca juga: Cara Nembak Crush di WA, Tak Perlu Bingung Gunakan Trik Ini Pada Doi Pasti Auto Diterima

Baca juga: Cari RTP Slot Paling Akurat? Cek Bocoran Terbarunya di Sini!

Baca juga: Nonton Drama Lecturer Ku, Oppa! Full Episode Sub Indo, Rilis Resmi di iQIYI!

Hal ini membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan konfirmasi resminya mengenai adanya tiga wilayah di Jawa Tengah terdampak erupsi Gunung Merapi. Ketiga wilayah tersebut adalah Kabupaten Magelang, Karanganyar dan Boyolali.

"Ada tiga wilayah terdampak, Magelang, Klaten dan Boyolali. Saat ini warga sedang dievakuasi dari wilayah-wilayah yang terkena erupsi," ujar 

Ganjar mengatakan, saat ini tim tanggap bencana tengah memetakan wilayah terdampak yang perlu dilakukan evakuasi. Tim tersebut merupakan gabungan dari relawan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan SAR.

"Sampai siang tadi mulai dari asap, kemudian batu-batu sudah mulai kelihatan. Saya sudah komunikasi dengan beberapa kawan untuk mengecek," kata dia.

Ganjar menambahkan, untuk wilayah Magelang wilayah yang terdampak ada 3 kecamatan. Yakni Kecamatan Dukun, Sawangan dan Kecamatan Srumbung. Namun di beberapa wilayah juga sudah mulai turun abu vulkanik. Untuk wilayah Klaten, lanjut dia, sudah ada satu tim yang melakukan assessment di lokasi. Satu tim lainnya bertugas di Boyolali.

Nah, itu dia informasi sekilas yang bisa kami sampaikan tentang update status erupsi Gunung Merapi  terkini dan evakuasi warganya. Semoga bermanfaat dan selalu tetap waspada, ya!

 

Sumber:

UPDATE TERBARU