Sunday 16th of June 2024

Kabar Terbaru Erupsi Gunung Lewotobi Laki – Laki NTT, BMKG Sebut Suplai Magma Masih Banyak Waspada Potensi Banjir Lahar!

×

Kabar Terbaru Erupsi Gunung Lewotobi Laki – Laki NTT, BMKG Sebut Suplai Magma Masih Banyak Waspada Potensi Banjir Lahar!

--

ASOMAXX.com - Erupsi gunung kembali mengguncang wilayah NTT Indonesia Bagian Timur. Diberitakan Gunung Berapi Lewotobi Laki – Laki NTT, mengalami erupsi pada Senin 3 Juni 2024. Yang mana erupsi mencapai 300 meter di atas puncak, kurang lebih sekitar 1884 meter di atas permukaan laut. Di bawah ini informasinya.

Disampaikan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih mengalami erupsi. 


"Memang Lewotobi Laki-laki saat ini belum stabil sepenuhnya. Aktivitas erupsi masih mendominasi dan masih akan terjadi beberapa hari kemudian," kata Ketua Tim Gunung Api dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Heruningtyas Desi Purnamasari, Senin (3/6/2024). 

Baca juga: TERBONGKAR! Link Video Ibu Anak Part 2 Durasi 10 Menit, Merekam Jelas Tindakan Asusila Pada Seorang Bocah Kecil

Baca juga: Kode Push Rank Epic Mobile Legend 2024 Beneran Ampuh? Untuk Suad Solo Sikat Lawan Hitungan Detik!

Baca juga: UPDATE Link Video Adik Kakak 10 Menit Viral di FYP TikTok Jadi Buruan Warganet, Banyak yang Penasaran Sekaligus Geram

Gunung Lewotobi Laki – Laki NTT Erupsi

Aktivitas erupsi disebabkan suplai magma yang masih cukup banyak. Selain itu terekam aktivitas gempa Vulkanik Dangkal yang meningkat dalam beberapa hari terakhir. 

"Pada periode pengamatan 16-31 Mei 2024, terdapat 499 kali gempa vulkanik dangkal dan 258 kali gempa vulkanik dalam. Aktivitas erupsi terkini dilaporkan terjadi pada pukul 16.14 WITA dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 900 meter di atas puncak," ujarnya. 

Status kolom abu teramati berwarna putih kelabu, hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Ia menjelaskan, erupsi itu terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 47,3 mm dan durasi sementara kurang lebih 8 menit 20 detik.

Sumber:

UPDATE TERBARU