Friday 17th of May 2024

Macam-Macam Tempe yang Unik dan Tidak Biasa, Nomor 4 Bikin Kaget: Sudah Pernah Cobain?

×

Macam-Macam Tempe yang Unik dan Tidak Biasa, Nomor 4 Bikin Kaget: Sudah Pernah Cobain?

--

3. Tempe Kacang Hijau atau Kacang Merah

Tempe jenis ini memiliki rasa dan kandungan gizi dari tempe kacang hijau dan kacang merah tidak berbeda jauh dengan tempe kedelai. Tempe ini juga mudah diolah menjadi sajian lain seperti direbus, digoreng atau diorek.


4. Tempe Karet

Tempe karet dapat ditemukan di daerah Sragen. Tempe yang berasal dari biji karet ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada tempe kedelai dengan tekstur yang lebih lembut.

5. Tempe Lamtoro

Tempe lamtoro terkenal di daerah Mojopuro, Wonogiri dengan nama tempe mlanding. Tempe lamtoro tadinya hanya dibuat saat panen lamtoro. Tetapi seiring berjalannya waktu, tempe lamtoro juga dijual di pasar daerah.

Baca juga: Daftar Pemain Film Gita Cinta dari SMA (2023), Hadirkan Prilly Latuconsina dengan Yeyasa Abraham

Baca juga: Kalender Festival di Semarang Bulan Mei 2023 Terbaru, Tandai Event yang Ingin Kamu Kunjungi Biar Tak Ketinggalan

6. Tempe bungkil

Terbuat dari kacang tanah, tempe yang satu ini memiliki tekstur empuk dan rasa yang gurih, tempe bungkil cukup populer di Jawa Timur.

7. Tempe benguk

Terbuat dari benguk: jenis kacang-kacangan yang masih satu rumpun dengan kacang kapri dan kacang buncis membuatnya berwarna abu-abu kehitaman.

Untuk membuat tempe benguk biasanya biji benguk direndam air bersih selama 1-2 hari, untuk menghilangkan racunnya. Dalam tempe benguk, kita bisa mendapatkan nutrisi berupa: protein, karbohidrat, serat kasar, kalsium, zat besi, dan seng.

8. Tempe kecipir

Disamping rasanya yang lezat, mengonsumsi tempe kecipir juga memberikan banyak manfaat. Jenis tempe kecipir punya kandungan kalori, protein, karbohidrat, serat, beta karoten, lemak, vitamin B1, zinc, mangan, fosfor, dan zat besi. Selain dijadikan tempe, biasanya biji kecipir digunakan sebagai campuran sayur asem.

Sumber:

UPDATE TERBARU