Friday 17th of May 2024

Jadwal Event Cilacap 2023, Ada Tradisi Bobok Bumbung di Bulan Februari Hingga Megengang Sebelum Puasa Ramadan!

×

Jadwal Event Cilacap 2023, Ada Tradisi Bobok Bumbung di Bulan Februari Hingga Megengang Sebelum Puasa Ramadan!

--

ASCOMAXX.com – Budaya Indonesia memang banyak sekali menghadirkan ragam festival dan perayaan yang meriah. Salah satunya dalam kesempatan kali ini kami akan sajikan informasi mengeni daftar event di Cilacap tahun 2023 ini.

Agar kamu bisa mengikuti informasi selengkapnya, langsung saja ikuti pembahasan berikut dan simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!


Baca juga: Daftar Event di Rembang Tahun 2023, Acara Kesenian Tradisional Hingga Peringatan Hari Kartini!

Baca juga: Festival di Cilacap Bulan Agustus 2023, Rangkaiannya Dimulai Dari Cilacap Creative Week!

Baca juga: Kalender Festival di Kendal Jawa Tengah Tahun 2023, Siap Terima Wisatawan Lokal dan Mancanegara Dengan Event Budaya

Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki banyak event menarik. Sudah banyak yang tau jika Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi dengan banyak destinasi wisata menarik.

Tiap tahunnya, provinsi tersebut sering mengadakan berbagai event di beberapa kota dan kabupaten, termasuk Cilacap.

Jadwal Event Cilacap di Tahun 2023

Beberapa event yang ada di Rembang dengan jadwalnya di tahun 2023 ini dapat diketahui sebagai berikut.

Festival Bobok Bumbung

Tradisi Bobok Bumbung adalah tradisi untuk membongkar tabungan dari bambu. Warga Desa Pesanggrahan memiliki tradisi unik yaitu menabung uang untuk pajak bumi dan bangunan atau PBB. Festival Bobok Bumbung akan berlangsung di Desa Pesanggrahan Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Biasanya dilaksanakan pada pertengahan Februari.

Parade Budaya
Parade Budaya diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-167 Kabupaten Cilacap yang diperingati pada tanggal 21 Maret. Parade budaya menampilkan seni budaya, seperti Lengger, Tedhak Siten, tari massal Jalung Mas, Ebeg, Hadroh dan lainnya.

Megengan
Megengan menjadi tradisi sebagai penanda datangnya bulan Ramadhan. Satu hari sebelum bulan puasa, ribuan warga memadati seputar alun-alun Demak yang juga ramai oleh pedagang tiban (dadakan).  Megengan bakal digelar 22 Maret 2023 di Alun-alun Kabupaten Cilacap.

Cilacap Creative Week
Cilacap Creative Week bertujuan untuk memfasilitasi para penggiat dan pelaku dari 17 sub sektor ekonomi kreatif. Kegiatan meliputi pameran pelaku ekraf, talk show hingga kesenian. Acara Cilacap Creative Week bakal berlangsung di Alun-Alun Cilacap pada Agustus 2023.

Baca juga: Nonton Drama Korea The Interest of Love (2022) Episode 15 Sub Indo, Ha Sang Soo Pupus Harapan!

Baca juga: Sinopsis Manhwa Bad Thinking Diary Chapter 42, Pesan Kim Minseok Buat Minji Tegang!

Baca juga: Nonton Drama Korea The Interest of Love (2022) Episode 15 Sub Indo, Ha Sang Soo Pupus Harapan!

Festacap

Festacap merupakan sebuah event pelestarian budaya yang dikemas secara kekinian dengan menampilkan produk kuliner, UMKM, fesyen, dan pameran kendaraan. Kegiatan juga dimeriahkan dengan color run, pertunjukan kesenian, penyuluhan kebencanaan, hingga pagelaran wayang kulit. Acara Festacap bakal berlangsung di Pendapa Kabupaten Cilacap pada Agustus 2023.

Festival Nelayan
Festival Nelayan merupakan kegiatan sedekah Laut yang berlangsung setiap tahun oleh beberapa Kelompok Nelayan. Upacara ini didahului dengan prosesi membawa sesaji (jolen) untuk dilarung ke tengah laut lepas dengan perahu yang telah dihias. Sebelumnya, Jolen diarak dari dalam Pendopo menuju arah Pantai Teluk Penyu. Acaranya dilaksanakan di tanggal 25 September 2023.

Itulah informasi mengenai ragam event yang ada di Cilacap di sepanjang tahun 2023 ini. Tertarik mengikutinya?

Sumber:

UPDATE TERBARU