Saturday 27th of April 2024

Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Jerawat Hingga Ampuh Turunkan Berat Badan

×

Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Jerawat Hingga Ampuh Turunkan Berat Badan

--

ASCOMAXX.com - Siapa yang tidak mengenal tumbuhan satu ini, eceng gondok. Tanaman ini biasanya berada di kolam ikan atau di danau. Bahkan, eceng gondok dianggap sebagai tanaman liar yang menyumbat saluran air dan penyebab banjir. Akan tetapi tahukan kalian, jika enceng gondok memiliki segudang manfaat untuk kesehatan? berikut beberapa manfaat dari tanaman tersebut.

Tanaman eceng gondok memiliki nama ilmiah Eichhornia crassipes, dikenal sebagai tanaman gulma yang mengotori danau. Bahkan, eceng gondok sempat dianggap sebagai tanaman liar yang menyumbat saluran air dan penyebab banjir.


Meskipun dianggap sebagai tanaman gulma, eceng gondok memiliki manfaat atas keberadaannya di permukaan air yang justru berguna untuk menjernihkan air atau sungai yang tercemar polusi. Perannya dalam mengatasi polusi air ini tidak lepas dari sifat fitoremedasi, yang dapat menyerap senyawa organik dan anorganik.

Selain itu, tanaman eceng gondok bahkan berguna untuk kesehatan manusia. Sebuah penelitian di Journal Cogent Social Sciences menemukan eceng gondok dapat mengobati malaria. Tumbuhan ini juga mengandung nutrisi penting untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh, Tinggi Kandungan Vitamin C Hingga Bisa Mencegah Kanker

Baca juga: Manfaat Daun Bidara Menurut Islam, Bisa Digunakan untuk Mengusir Jin Hingga Menjaga Kesehatan Jantung

Baca juga: 5 Jenis Sarang Burung Walet Beserta Harga dan Manfaatnya Buat Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Jerawat

Tanaman eceng gondok dapat membantu mengatasi jerawat, karena eceng gondok memiliki senyawa yang bersifat anti-radang. Masyarakat Filipina bahkan telah memanfaatkan daun dari eceng gondok yang dicampur air lemon untuk mengobati masalah kulit seperti bisul. Cara menggunakan tanaman ini untuk pengobatan yaitu bisa menumbuk daun eceng gondok ke kulit yang terdapat jerawat atau bisul. Lakukan cara ini secara rutin hingga jerawat dan bisul menghilang.

Sumber:

UPDATE TERBARU