Thursday 9th of May 2024

Manfaat Tanaman Enceng Gondok Untuk Lingkungan yang Sering Dianggap Sebagai Gulma

×

Manfaat Tanaman Enceng Gondok Untuk Lingkungan yang Sering Dianggap Sebagai Gulma

--

ASCOMAXX.com - Tanaman enceng gondok sering dianggap sebagai gulma untuk lingkungan. Karena bisa menyebabkan banjir dan menyumbat saluran air. Akan tetapi tahukah kalian, jika enceng gondok ternyata juga mempunyai beberapa manfaat untuk lingkungan? berikut penjelasannya.

Tanaman enceng gondok memiliki nama ilmiah Eichhornia crassipes, dikenal sebagai tanaman gulma yang mengotori danau. Bahkan, eceng gondok sempat dianggap sebagai tanaman liar yang menyumbat saluran air dan penyebab banjir.


Meskipun dianggap sebagai tanaman gulma, enceng gondok memiliki manfaat atas keberadaannya di permukaan air yang justru berguna untuk menjernihkan air atau sungai yang tercemar polusi. Perannya dalam mengatasi polusi air ini tidak lepas dari sifat fitoremedasi, yang dapat menyerap senyawa organik dan anorganik.

Baca juga: Cara Melancarkan Peredaran Darah dengan Air Panas, Bisa Bantu Kurangi Penyakit Berbahaya

Baca juga: 5 Obat Tradisional Tersiram Air Panas, Efektif Mengatasi Luka dan Rasa Perih

Baca juga: Gejala Covid Kraken Ternyata Bukan Demam, Waspadai Tanda Ini dan Jangan Sampai Lengah

Manfaat Enceng Gondok Untuk Lingkungan

1. Menjaga Lingkungan

Ternyata tanaman eceng gondok dapat menyerap logam seperti tembaga dan timbal dari limbah industri maupun limbah domestik. Tanaman ini juga dapat menyerap merkuri dan timbal yang meleleh dalam cairan.

2. Dijadikan Pupuk Organik

Tanaman Eceng gondok mampu menyerap mineral dan zat anorganik dari air limbah serta tetap tumbuh cepat di setiap kondisi. Sehingga setelah digunakan untuk membersihkan kotoran di air, eceng gondok bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik seperti kompos atau mulsa.

Sumber:

UPDATE TERBARU