Friday 3rd of May 2024

Tanaman Eceng Gondok Untuk Mengobati Jerawat dan Bisul, Begini Cara Menggunakannya!

×

Tanaman Eceng Gondok Untuk Mengobati Jerawat dan Bisul, Begini Cara Menggunakannya!

--

ASCOMAXX.com - Memiliki permasalahan kulit wajah yang sensitif dan gampang jerawatan memanglah bukan hal yang mudah. Apalagi saat meradang, jerawat selalu terasa sakit. Salah satu cara untuk mengatasi jerawat kalian bisa menggunakan tanaman eceng gondok. Berikut cara penggunaannya.

Tanaman eceng gondok memiliki nama ilmiah Eichhornia crassipes, dikenal sebagai tanaman gulma yang mengotori danau. Bahkan, eceng gondok sempat dianggap sebagai tanaman liar yang menyumbat saluran air dan penyebab banjir.


Meskipun dianggap sebagai tanaman gulma, eceng gondok memiliki manfaat atas keberadaannya di permukaan air yang justru berguna untuk menjernihkan air atau sungai yang tercemar polusi. Perannya dalam mengatasi polusi air ini tidak lepas dari sifat fitoremedasi, yang dapat menyerap senyawa organik dan anorganik.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh, Tinggi Kandungan Vitamin C Hingga Bisa Mencegah Kanker

Baca juga: Rekomendasi 4 Obat Herbal Alami Untuk Atasi Penyakit Sinusitis, Ternyata Bisa Pakai Bawang Putih

Baca juga: Viral Obat Sinus Pakai Bawang Putih Apa Bisa Sembuh? Cek Faktanya di Sini Sebelum Ikut-Ikutan

Mengatasi Jerawat dengan Enceng Gondok

Tanaman eceng gondok dapat membantu mengatasi jerawat, karena eceng gondok memiliki senyawa yang bersifat anti-radang. Masyarakat Filipina bahkan telah memanfaatkan daun dari eceng gondok yang dicampur air lemon untuk mengobati masalah kulit seperti bisul. Cara menggunakan tanaman ini untuk pengobatan yaitu bisa menumbuk daun eceng gondok ke kulit yang terdapat jerawat atau bisul. Lakukan cara ini secara rutin hingga jerawat dan bisul menghilang.

Sumber:

UPDATE TERBARU