Tuesday 14th of May 2024

Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan 2023 dengan Metode Pengamatan dan Perhitungan

×

Cara Menentukan Awal Bulan Ramadhan 2023 dengan Metode Pengamatan dan Perhitungan

--

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa rujukan atau kitab yang berisikan rumus untuk menghitung awal bulan puasa tersebut secara astronomis. Selain itu, metode ini juga digunakan untuk menentukan waktu sholat, idul fitri, juga waktu untuk haji.

2. Metode Rukyat


Sedangkan untuk metode Rukyat merupakan proses pengamatan ketampakan hilal saat Matahari terbenam menjelang awal bulan pada kalender Hijriah. Metode ini digunakan juga untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah, Ramadhan, dan juga bulan Syawal.

Yang dimaksud Hilal adalah penampakan fase bulan baru yang tampak setelah Matahari terbenam. Sementara Rukyat adalah metode yang digunakan untuk memperhatikan bulan di ufuk barat.

Di Indonesia sendiri dalam penentuan bulan Ramadhan dengan metode Rukyat Kemenag akan menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat Islam, BMKG pakar Lapan dan juga pesantren yang telah melakukan perhitungan.

Baca juga: Hukum Puasa Rajab Digabung dengan Puasa Qadha Ramadhan, Catat Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Bacaan Doa Ya Allah Aku Sedang Berusaha Bantulah Aku dan Terjemahannya, Agar Dipermudah Semua Urusan Dunia dan Akhirat

Baca juga: Kenapa Bulan Rajab Disebut Bulan Haram, Begini Penjelasan Ulama dan Hadist Rasulullah SAW

Nah, demikianlah terkait cara penentuan awal Ramadhan yang bisa menggunakan dua metode diatas. Metode rukyatul hilal dan hisab sama-sama bersifat dugaan, sehingga tidak ada yang pasti. Kedua metode ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sekian informasi yang kami sampaikan semoga bermanfaat. 

 

Sumber:

UPDATE TERBARU