Saturday 4th of May 2024

Mengenal 2 Metode Hisab dan Rukyat Untuk Menentukan Awal Bulan Puasa, Begini Penjelasannya!

×

Mengenal 2 Metode Hisab dan Rukyat Untuk Menentukan Awal Bulan Puasa, Begini Penjelasannya!

--

ASCOMAXX.com - Ramadhan tahun 2023 sebentar lagi tiba. Biasanya setiap malam tanggal 1 Ramadhan akan dilaksanakan sidang isbat untuk penentuan awal puasa Ramadhan. Caranya dengan menggunakan 2 metode berikut ini.

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat Muslim melakukan ibadah puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad. Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam.


Keutamaan puasan sendiri tertera dalam hadist HR. Bukhari yang isinya, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim No. 860).

Dalam penentuan awal Ramadhan biasanya akan dilaksanakan sidang isbat, yaitu sidang yang diselenggarakan Kementerian Agama RI untuk menentukan jatuhnya awal bulan di kalender Hijriyah, termasuk Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Baca juga: Hukum Puasa Rajab Digabung dengan Puasa Qadha Ramadhan, Catat Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Bacaan Doa Ya Allah Aku Sedang Berusaha Bantulah Aku dan Terjemahannya, Agar Dipermudah Semua Urusan Dunia dan Akhirat

Baca juga: Kenapa Bulan Rajab Disebut Bulan Haram, Begini Penjelasan Ulama dan Hadist Rasulullah SAW

1. Metode Hisab

Metode Hisab merupakan perhitungan yang dilakukan secara astronomis dan matematis yang memperhatikan letak secara geometris matahari, bulan, bumi dan benda-benda langit lainya.

Sumber:

UPDATE TERBARU