Tuesday 7th of May 2024

Acara Tradisi di Jawa Tengah 2023, Ada Suran Desa Traji Hingga Sedekah Gunung Merapi!

×

Acara Tradisi di Jawa Tengah 2023, Ada Suran Desa Traji Hingga Sedekah Gunung Merapi!

--

Acara Tradisi di Jawa Tengah 2023

Dalam informasi di Jawa Tengah Calendar of Events 2023 yang disusun Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah, diprediksi Tradisi Suran Desa Traji akan hadir di bulan Juli 2023.

Hal ini disesuaikan dengan kalender Jawa yang pertama kali diterbitkan oleh Raja Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo (1613-1645) yang mengacu penanggalan Hijriah (Islam). Satu Suro yang sangat lekat dengan budaya Jawa. Beberapa acaranya dapat diketahui sebagai berikut.


Tradisi Suran Desa Traji

Tradisi Suran Desa Traji merupakan salah satu adat istiadat yang dilaksanakan di Warga Desa Traji Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Diprediksi tradisi ini akan dilaksanakan di Bulan Juli 2023 memasuki bulan Muharram 1444 H. Dalam budaya Jawa, awal bulan disebut Satu Suro. 

Tradisi Suran Desa Traji dilaksanakan setiap malam 1 Suro bertempat di Sendang Sidukun. Dalam prosesi Suran ini Kepala Desa dan istri berpakaian layaknya pengantin adat Jawa, kemudian dikirab bersama aneka sesaji dan gunungan hasil bumi dari Balai Desa menuju Sendang Sidukun. Biasanya, ritual ini  dirayakan oleh penduduk desa dengan mengadakan  parade sungai Sidukun.

Sedekah Gunung Merapi

Sedekah Gunung Merapi digelar dalam rangka menyambut malam 1 Suro. Prosesi diawali dengan kirab kepala kerbau dari Dusun Temusari menuju Joglo Mandala I. Usai dilakukan ritual dan doa hingga tengah malam, kepala kerbau dan sejumlah sesaji tersebut dibawa menuju puncak Gunung Merapi untuk dilarung. 

Kirab Satu Suro

Tiap malam 1 Suro, Keraton Solo menyelenggarakan ritual jamasan dan kirab pusaka. Kirab berangkat dari kraton tepat pada pukul 12 malam dengan rute jalan protokol dan diiringi para punggawa dan prajurit istana. 

Sekawanan kebo bule atau kerbau albino berkulit putih kemerahan milik turut dalam kirab tersebut sebagai cucuk lampah atau pembuka jalan.

Baca juga: Nonton The Game Caterers Season 2 Episode 20, Tampilkan Para Pemeran Big Bet!

Baca juga: Nonton Film Bela Luna (2023) Full Movie Sub Indo, Akses NO SENSOR Bisa Didapatkan di Sini!

Baca juga: Update Link Nonton Drama BL 609 Bedtime Story Episode 11 Sub Indo, Dream On and Wake Up!

Baritan Asemdoyong

Baritan merupakan tradisi turun temurun yang diadakan setahun sekali, tepatnya pada bulan Suro (penanggalan Jawa). 

Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil laut yang diperoleh warga Asemdoyong yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Acara Baritan Asemdoyong bakal berlangsung di  Desa Asemdoyong Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang pada 19 Juli 2023.

 

Nah, itu dia informasi mengenai pembahasan mengenai pagelaran Tradisi di Jawa Tengah yang dilaksanakan di tahun 2023. Apakah kamu sudah menanti acara ini?

 

 

Sumber:

UPDATE TERBARU