Sunday 19th of May 2024

Kembali Dicanangkan! Wacana Pemekaran Wilayah Papua Siapkan 7 Daerah yang Ditarget Bawa Pemerataan dan Kemajuan

×

Kembali Dicanangkan! Wacana Pemekaran Wilayah Papua Siapkan 7 Daerah yang Ditarget Bawa Pemerataan dan Kemajuan

--

Wacana Pemekaran Wilayah Papua

  1. Biak Napa Swandiweu

Pemekaran wilayah Biak Napa Swandiwe menjadi Kabupaten Biak Numfor membawa harapan baru bagi masyarakat Biak Barat, Swandiwe, Biak Utara, Andei, Yawosi, Warsa, dan Bondifuar. Dengan pemekaran ini, diharapkan akan terjadi peningkatan pembangunan dan kesejahteraan bagi seluruh warga.

  1. Ghondumi Sisare Masirei

Pemekaran Kabupaten Waropen dengan membentuk Ghondumi Sisare Masirei, melibatkan wilayah Masirei, Demba, Risei Sayati, Soyoi Mambai, dan Wonti. 


Baca juga: Review Film Budi Pekerti (2023), Satu Kesalahan Viral yang Buat Satu Keluarga Hancur

Baca juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Arab Kalam Eineh Sherine yang Viral di TikTok Lengkap Dnegan Bacaan Latinnya

Baca juga: Link Download Lagu Arab Kalam Eineh - Sherine Abdel Wahab Viral TikTok, Ternyata Artinya Bucin Banget

  1. Grime Nawa Nimboran

Wilayah baru ini melibatkan Nimboran, Kemtuk Gresi, Gresi Selatan, Demta, Kaureh, Unurum Guay, Nimbokrang, Kemtuk, Namblong, Yapsi, Yokari, dan Airu. Dengan pemekaran ini, pembangunan infrastruktur dan peningkatan pendidikan diharapkan akan mengubah wajah Kabupaten Jayapura.

  1. Lembah Rufaer Dervos

Wilayah Lembah Rufaer Dervos yang mencakup Dervos, Doufo, Kirihi, Mamberamo Tengah Timur, dan Rufaer merupakan contoh nyata bagaimana pemekaran wilayah dapat menggali potensi alam yang melimpah.

  1. Numfor

Numfor Timur, Numfor Barat, Orkeri, Poiru, dan Bruyadori akan menjadi bagian dari Kabupaten Biak Numfor. Dengan pemekaran wilayah ini, diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat setempat melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

  1. Teluk Ronari Barapasi

Teluk Ronari Barapasi yang mencakup Waropen Atas, Sawai, Benuki, Kwaneha, Erakoro, dan Supuri adalah langkah maju dalam menghubungkan masyarakat di Kabupaten Mamberamo Raya. 

  1. Yafi Senggi

Web, Senggi, Yafi, Towe, dan Kaisenar menjadi bagian dari wilayah baru Yafi Senggi di Kabupaten Keerom. Pemekaran ini membawa peluang besar dalam peningkatan sektor pariwisata dan ekonomi lokal. 

  1. Yapen Timur Dawai

Pemekaran wilayah Yapen Timur Dawai membawa harapan baru bagi Kepulauan Yapen. Melibatkan Yapen Timur, Yapen Utara, Pulau Kurudu, Teluk Ampimoi, dan Raimbawi, pemekaran ini diharapkan akan membuka peluang baru dalam sektor ekonomi, pendidikan, dan pariwisata.

Dengan memperluas cakupan wilayah dan meningkatkan akses ke layanan publik, diharapkan pembangunan yang merata dan berkelanjutan dapat tercapai. 

Tujuan Pemekaran

Pemekaran daerah di Papua bukan isu baru. Pro dan kontra muncul setiap saat, dengan pertanyaan paling mendasar yang selalu berdengung: untuk siapa kabupaten dan provinsi baru dilahirkan.

Peneliti LIPI, Prof Cahyo Pamungkas mengutip hasil penelitian lembaga itu tahun 2019 untuk menggambarkan apa yang diperoleh melalui pemekaran Papua selama ini. Dalam buku hasil penelitian Mozaik Cenderawasih, tercatat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Papua periode 2014-2019. Data ini, kata Cahyo, memotret angka IPM di 40 kabupaten/kota di Papua dan 11 kabupaten/kota di Papua Barat.

“Di kabupaten atau kota yang penduduknya didominasi oleh pendatang, rata-rata IPM cukup tinggi. Misalnya kota Sorong atau Jayapura, yang mencapai 73. Namun di daerah yang didominasi Orang Asli Papua, angka IPM cukup rendah. Kita bisa melihat kabupaten hasil pemekaran, seperti Tambraw atau Nduga, angka IPM-nya rata-rata 54 sampai 58,” kata Cahyo.

Demikian informasi mengenai Wacana Pemekaran Wilayah Papua terbaru tahun 2023 yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU