Sunday 19th of May 2024

6 Alasan Warga Papua Tolak Pemekaran Wilayah: Daerah Baru Untuk Siapa, Kepentingan Publik atau Agenda Politis?

×

6 Alasan Warga Papua Tolak Pemekaran Wilayah: Daerah Baru Untuk Siapa, Kepentingan Publik atau Agenda Politis?

--

4. Militerisme dan represi negara

Kehadiran militer di Papua sangat tinggi. Pembentukan daerah baru memfasilitasi pendirian pusat-pusat militer dan kepolisian baru, baik komando teritorial maupun pos-pos operasi khusus. Di banyak tempat di pedalaman, jumlah personel militer dan polisi jauh melampaui jumlah guru dan dokter.


Baca juga: Segudang Manfaat Kayu Ular Papua untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Menjaga Kekebalan Tubuh Hingga Kanker!

Baca juga: Perbedaan Kayu Ular Papua Asli dan Palsu, Ini Cara Mudah Membedakannya!

5. Perpecahan dan konflik antar kelompok di Papua

Pemekaran menciptakan konflik horizontal di antara sesama Papua. Pemekaran dinilai sebagai ambisi elite politik Papua; bukan kepentingan rakyat. Selain itu, terjadi ketegangan antara organisasi pejuang kemerdekaan dengan para bupati dan elite politik pendukung pemekaran.

6. Orang Papua melihat pemekaran sebagai strategi penaklukan dan penguasaan

Di mata orang Papua, pemekaran adalah kombinasi dari penguatan kontrol sipil dan militer terhadap orang Papua, dengan penguasaan lewat pendudukan, penguasaan tanah dan pengambilalihan sumber daya. Dengan kata lain, orang Papua mengetahui dari pengalaman bahwa pemekaran adalah bagian dari proses kolonisasi.

Demikianlah pembahasan pada kesempatan kali ini yang memberikan kamu informasi terbaru yang terkat dengan 6 alasan warga Papua tolak pemekaran wilayah yang bisa kami sampaikan untukmu! Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu! 

Sumber:

UPDATE TERBARU