Friday 17th of May 2024

Segudang Manfaat Kayu Ular Papua untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Menjaga Kekebalan Tubuh Hingga Kanker!

×

Segudang Manfaat Kayu Ular Papua untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Menjaga Kekebalan Tubuh Hingga Kanker!

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi terkait dengan manfaat kayu ular untuk kesehatan. Salah satunya bisa untuk atasi virus kanker. Nah, langsung saja simak beberapa manafaat ular kayu Papua dibawah ini. 

Kayu Ular Papua, sebuah tanaman obat asli Indonesia, terkenal akan khasiatnya dalam mengatasi berbagai penyakit. Awalnya, tanaman ini digunakan untuk mengobati malaria yang sering muncul di Papua.


Namun, penelitian lebih lanjut mengungkap bahwa tanaman herbal ini memiliki potensi untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Akibatnya, permintaan terhadap tanaman ini meningkat pesat, tetapi kurang diimbangi dengan praktik budidaya yang berkelanjutan.

Baca juga: Perbedaan Vaseline Lip Therapy dan Lip Balm Biasa, Begini Manfaat nya Buat Bibir!

Baca juga: Jenis-jenis Tisu Magic Beserta Manfaat dan Efek Samping, Penting Diketahui Sebelum Menggunakan!

Baca juga: Perbedaan Suplemen Natur E Advanced dan Natur E White, Begini Kandungan dan Manfaat Masing Masing!

Kini tanaman ini menjadi semakin sulit untuk ditemukan, dan tidak jarang ada pihak yang tidak jujur, mengklaim menjual Kayu Ular Papua, padahal produk yang mereka tawarkan berasal dari pulau lain dengan khasiat yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali ciri-ciri Kayu Ular Papua asli.

Mengenal Kayu Ular

Nama kayu ular mungkin kurang dikenal di beberapa daerah, namun tanaman ini memiliki nama latin Strychons Lucida.

Tanaman ini memiliki batang yang pahit saat disentuh, dan meskipun di Papua tanaman ini disebut kayu ular, di Jawa ia dikenal dengan sejumlah nama lain seperti bidara laut, bidara gunung, dan dara putih. Kayu ular dapat tumbuh hingga 15 meter dan biasanya ditemukan di daerah kering, berbatu, atau dekat pantai.

Manfaat Kayu Ular bagi Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat pertama dari kayu ular adalah dukungannya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Tanaman ini memiliki aktivitas antimikroba yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk memelihara pencernaan.

Ekstrak kloroform dan etanol dari kayu ular memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti S. aureus dan Salmonella thypi. Kandungan seperti alkaloid, fenol, flavonoid, saponin, steroid, tanin, dan triterpenoid pada tanaman ini dapat merusak membran sel bakteri dan memiliki sifat antibakteri.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lainnya dari kayu ular adalah kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kayu ular mengandung alkaloid dengan sifat basa serta sifat antioksidan dan antiinflamasi yang menguntungkan bagi kesehatan.

Alkaloid dianggap dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tingkat kebugaran tubuh.

3. Meredakan Sakit Pinggang

Kayu ular juga bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang. Di tengah rutinitas modern yang sering mengharuskan orang duduk dalam waktu lama, sakit pinggang menjadi masalah umum.

Selain itu, sakit pinggang juga dapat menjadi gejala penyakit seperti masalah ginjal. Kayu ular diyakini memiliki manfaat untuk meredakan sakit pinggang.

Sumber:

UPDATE TERBARU