Wednesday 12th of June 2024

Rencana Pemekaran Wilayah di Provinsi Papua Barat Bentuk Wilayah Baru Jadi Polemik, Begini Peluang dan Tantangannya

×

Rencana Pemekaran Wilayah di Provinsi Papua Barat Bentuk Wilayah Baru Jadi Polemik, Begini Peluang dan Tantangannya

--

Provinsi Papua Barat

Provinsi Papua Barat beribukota di Manokwari. Secara administratif, Provinsi Papua Barat terdiri dari 12 (empat belas) kabupaten dan 1 (satu) kota, yaitu Kabupaten Fak-fak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Manokwari Selatan dan Kota Sorong. Terdiri dari 162 Kecamatan, 74 Kelurahan, dan 1321 Kampung.

Usai memiliki wilayah yang jelas, penduduk, aparatur pemerintahan, anggaran, anggota DPRD, akhirnya Provinsi Irian Jaya Barat menjadi penuh ketika memiliki gurbernur dan wakil gurbernur definitif untuk periode 2006 – 2011 Abraham Octavianus Atururi dan Drs. Rahimin Katjong, M.Ed yang dilantik pada tanggal 24 Juli 2006.


Pertentangan selama lebih dari 6 tahun sejak UU Nomor 45 Tahun 1999 dikumandangkan, dan pertentangan sengit selama 3 tahun sejak Inpres Nomor 1 Tahun 2003 dikeluarkan berakhir dan Provinsi Irian Jaya Barat mulai membangun dirinya secara sah. Dan sejak tanggal 18 April 2007 berubah nama menjadi Provinsi Papua Barat, berdasarkan PP Nomor 24 Tahun 2007.

Baca juga: Inilah 6 Kecamatan di Tapanuli Selatan yang Diusulkan Lakukan Pemekaran Daerah Otonomi Baru, Tempatmu Termasuk?

Baca juga: Wacana Otonomi Baru di Tapanuli Selatan Didukung Perantau Asal Batangtoru, Disebut Memang Sudah Layak di Mekarkan

Baca juga: Resep Sate Klopo Enak, Kuliner Viral Bercita Rasa Gurih dan Dijamin Bumbu Meresap

Peluang dan Tantangan

Walaupun pemekaran wilayah membawa banyak peluang, ada juga tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah menjaga keseimbangan ekologi dan melindungi keanekaragaman hayati Papua Barat. 

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik merata di seluruh wilayah baru ini.

Jadi, pemekaran wilayah di Provinsi Papua Barat membawa peluang besar bagi pengembangan ekonomi, pariwisata, dan kehidupan sosial masyarakat setempat. 

Nah, sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini yang membahas tentang Rencana Pemekaran Wilayah di Provinsi Papua Barat. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan kamu.

Sumber:

UPDATE TERBARU