Wednesday 22nd of May 2024

7 Daftar Wilayah Kota Baru Pemekaran Provinsi Papua Barat, Daerah Mana Saja yang Termasuk?

×

7 Daftar Wilayah Kota Baru Pemekaran Provinsi Papua Barat, Daerah Mana Saja yang Termasuk?

--

ASCOMAXX.com - Rencana Pemekaran Provinsi Papua Barat makin gencar dicanangkan. Sebelum itu mari simak update berikut ini yang akan mengulas mengenai hal ini yang wajib kamu tahu. 

Provinsi Papua Barat beribukota di Manokwari. Secara administratif, Provinsi Papua Barat terdiri dari 12 (empat belas) kabupaten dan 1 (satu) kota, yaitu Kabupaten Fak-fak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Manokwari Selatan dan Kota Sorong. Terdiri dari 162 Kecamatan, 74 Kelurahan, dan 1321 Kampung.


Baca juga: Akui Punya 4 Kekasih, Taruna Asal Lombok Ini Mengaku Tak Siap Diviralkan

Baca juga: Video Viral Oknum Taruna Mengaku Punya 4 Pacar Sekaligus, Bikin Syok Sang Pembina

Baca juga: Sate Klopo Madura Viral TikTok dan Instagram, Kuliner Legit yang Selalu Habis 2000 Tusuk Per Hari

Usai memiliki wilayah yang jelas, penduduk, aparatur pemerintahan, anggaran, anggota DPRD, akhirnya Provinsi Irian Jaya Barat menjadi penuh ketika memiliki gurbernur dan wakil gurbernur definitif untuk periode 2006 – 2011 Abraham Octavianus Atururi dan Drs. Rahimin Katjong, M.Ed yang dilantik pada tanggal 24 Juli 2006.

Pertentangan selama lebih dari 6 tahun sejak UU Nomor 45 Tahun 1999 dikumandangkan, dan pertentangan sengit selama 3 tahun sejak Inpres Nomor 1 Tahun 2003 dikeluarkan berakhir dan Provinsi Irian Jaya Barat mulai membangun dirinya secara sah. Dan sejak tanggal 18 April 2007 berubah nama menjadi Provinsi Papua Barat, berdasarkan PP Nomor 24 Tahun 2007.

7 Daftar Wilayah Kota Baru Hasil Pemekaran Provinsi Papua Barat

1. Babo Raya

Babo Raya, salah satu wilayah baru hasil pemekaran dari Kabupaten Teluk Bintuni, memiliki pesona alam dan budaya yang menakjubkan. Dengan desa-desa seperti Babo, Sumuri, Aroba, Kaitaro, Kuri, Wamesa, dan Fafurwar, wilayah ini menawarkan keindahan alam pantai dan kekayaan budaya suku-suku pribumi Papua Barat.

Sumber:

UPDATE TERBARU