Saturday 18th of May 2024

8 Fakta dan Mitos Tentang Hallowen, Mana yang Paling Seram?

×

8 Fakta dan Mitos Tentang Hallowen, Mana yang Paling Seram?

--

ASCOMAXX.com - Setiap 31 Oktober, seluruh dunia merayakan Halloween. Sebuah festival yang berasal dari budaya Celtic, para leluhur bangsa Eropa.

Karena bangsa Eropa memiliki tradisi berkelana, budaya ini menyebar ke berbagai benua, termasuk Amerika dan Australia. Pada Festival Halloween, orang merayakannya dengan mengenakan kostum-kostum seram.


Baca juga: Nonton Film Korea Dr. Cheon and Lost Talisman (2023) Sub Indo Full HD, Adaptasi Dari Webtoon Seru Paranormal yang Tidak Percaya Hantu

Baca juga: Viral Pegawai Minimarket Diintip Hantu Anak Kecil Lewat Ventilasi, Kejadian Mistis Serupa Sering Dialami Karyawan Lainnya Juga

Baca juga: Ngeri Banget! Hantu Sering Ngintip, Karyawan Swalayan di Banyumas Jawa Timur Tutup Ventilasi Udara

Apa itu Halloween? Mengapa Halloween amat erat dengan konsep mistis? Dan, kenapa harus labu dan permen? Ternyata, berbagai aspek perayaan Halloween pun memiliki sejarahnya sendiri. Inilah fakta-fakta mengenai sejarah Halloween.

Fakta Fakta Halloween

  1. Samhain, perayaan pagan dan cikal bakal Halloween

Asal-usul tradisi Halloween dapat dilacak kembali pada sejarah bangsa Kelt, sebuah komunitas pagan yang tinggal di Britania Raya dan Prancis Utara sekitar 2.000 tahun yang lalu. Menurut kalender Gael yang mereka ikuti, tahun baru dimulai pada tanggal 1 November, sementara pada tanggal 31 Oktober, bangsa Kelt merayakan perayaan Samhain atau Calan Gaeaf.

  1. Nama "Halloween" berasal dari "All Hallows' Eve"

Ternyata, Halloween memiliki hubungan erat dengan agama Kristen dalam sejarahnya. Pada awal abad ke-7, Paus Bonifasius IV mengumumkan 13 Mei sebagai "Hari Raya Martir & Orang Suci." Kemudian, sejak abad ke-9, agama Kristen mulai menyebar di Britania Raya dan bersatu dengan tradisi paganisme yang merayakan Hari Arwah pada tanggal 2 November.

Pada pertengahan abad ke-9, Paus Gregorius IV memutuskan untuk memindahkan hari raya ini dari tanggal 13 Mei ke tanggal 1 November, yang bertepatan dengan perayaan Samhain, sehingga tanggal 31 Oktober dikenal sebagai All Hallows' Eve atau "Malam Orang Kudus." Ketiga hari raya ini kemudian disebut sebagai "Allhallowtide" atau "Hallowmas."

Pada akhir abad ke-12, perayaan Allhallowtide menjadi sebuah ritual agama di seluruh Eropa. Pada akhirnya, nama "Halloween" muncul dan digunakan untuk merujuk kepada All Hallows' Eve.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU