Monday 3rd of June 2024

Mengenal Sekolah Lansia Tangguh, Upaya Kemenko PMK Untuk Masyarakat Lebih Sehat, Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat

×

Mengenal Sekolah Lansia Tangguh, Upaya Kemenko PMK Untuk Masyarakat Lebih Sehat, Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat

--

Mengenal Sekolah Lansia Tangguh

Yayasan Indonesia Ramah Lansia sudah mempelopori pembukaan sekolah untuk Lansia di Indonesia, dan ini sudah diterapkan di beberapa daerah termasuk di wilayah Kabupaten Temanggung, tepatnya di Desa Traji, Kecamatan Parakan, dan di Desa Butuh, Kecamatan Temanggung.

Hal ini didasari oleh kesadaran ketika memasuki masa lansia akan mengalami beberapa penurunan fungsi sistem tubuh, karena sel-sel tubuh akan mengalami degenerasi. Hal ini yang biasanya membuat lansia banyak menderita penyakit degenatif seperti penyakit sendi, hipertensi, diabetes melitus dan lain-lain.

Di sisi lain adanya penurunan fungsi tubuh membuat lansia tidak bisa melaksanakan tugas seperti ketika ada dimasa produktif. Selain itu, memasuki masa pensiun membuat kegiatan lansia menjadi semakin menurun yang dapat meningkatkan stres dan depresi pada lansia. Karena alasan inilah dibuat sekolah lansia yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lansia.

Tujuan Sekolah Lansia

Sekolah lansia merupakan salah satu upaya pendidikan yang diperuntukkan bagi lanjut usia. Sekolah Lansia merupakan upaya pemberian informasi, pelatihan, dan permainan edukatif tentang kesehatan, keagamaan, sosial budaya, dan sebagainya.

Sekolah lansia dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku lansia terhadap Kesehatan, meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas lansia, serta meningkatkan kemandirian lansia dalam berbagai aspek kehidupan.

Lansia yang mengikuti kelas ini dimulai dari usia lansia (di atas 60 tahun) dan juga pra lansia (45-59 tahun). Beberapa metode dipakai dalam mengajar di Sekolah Lansia ini, seperti ceramah, diskusi, demonstrasi, dan juga praktik.


Baca juga: Dana Kartu Lansia Jakarta (KLJ) Kapan Cair?, Begini Jawaban dari Dinas Sosial DKI Jakarta

Baca juga: Cara Daftar dan Syarat Gabung Franchise Bimba AIUEO 2023, Sebuah Bimble Ternama Untuk Pendidikan Anak di Usia Dini!

Baca juga: Daftar Spa dan Pijat Plus di Kuta Bali Bisa Panggilan 24 Jam, Layanan Ramah dengan Banyak Pilihan!

Materi Sekolah Lansia

Sekolah lansia ideal untuk diikuti oleh 25-30 peserta dan dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Durasi setiap pertemuan adalah satu jam yang terdiri atas 45 menit, berisi materi pembelajaran (teori, praktik, diskusi) dan 15 menit untuk pembukaan dan penutupan serta ice breaking. Kurikulum sekolah lansia terdiri atas Kelas Dasar/Strata 1 (S1), Kelas Menengah/Strata 2(S2), dan Kelas Lanjut/Strata 3 (S3).

Tahap dasar terdiri atas 10 pertemuan yang mencakup materi tentang konsep penuaan dan motivasi lansia, penyakit pada lansia dan pencegahannya (Diebetes Melitus, Hipertensi, Stroke), terapi spiritual, gangguan psikologis pada lansia, sistem penuaan pada tulang dan sendi, gangguan kognitif, gizi serta olahraga pada lansia.

Tahap menengah terdiri atas delapan pertemuan yang membahas tentang terapi acupressure dan massage pada lansia, penyakit paru-paru, gangguan psikologis, penanggulangan bencana, dan enterpreunership.Tahap kelas lanjut meliputi empat pertemuan yang berisi kegiatan praktik untuk pengukuran ADL, olah raga, tour ke panti wreda, dan praktik lansia ke sekolah/kampus.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan untuk kalian semua berkenaan dengan daftar 7 sekolah TK di Jakarta Selatan yang terbaik dan terakreditas yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. 

Sumber:

UPDATE TERBARU