Tuesday 21st of May 2024

Sekolah Lanjut Usia Semarang Wisuda Ratusan Siswa, Bupati Berharap Para Lulusan Lebih Optimis Hadapi Kehidupan

×

Sekolah Lanjut Usia Semarang Wisuda Ratusan Siswa, Bupati Berharap Para Lulusan Lebih Optimis Hadapi Kehidupan

--

ASCOMAXX.com – Lansia adalah seseorang yang berusia 60 tahun keatas baik pria maupun wanita, yang masih aktif beraktivitas dan bekerja ataupun mereka yang tidak berdaya untuk mencari nafkah sendiri sehingga bergantung kepada orang lain untuk menghidupi dirinya.

Sedangkan menurut Peraturan Presiden Nomo 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan, baik aspek sosial, ekonomi maupun aspek kesehatan.


Sekolah lansia merupakan salah satu upaya pendidikan yang diperuntukkan bagi lanjut usia. Sekolah Lansia merupakan upaya pemberian informasi, pelatihan, dan permainan edukatif tentang kesehatan, keagamaan, sosial budaya, dan sebagainya. Pemerintah memberdayakan lansia optimis dengan mendirikan sekolah lansia. Baru-baru ini sekolah lanjut usia semarang wisuda ratusan siswa.

Baca juga: Fakta Terbaru Soal Anak SD di Malaysia yang Jadi Bandar Judi, Ternyata Bersekolah di Taraf Internasional!

Baca juga: Contoh Berita Acara Pemilihan Ketua Organisasi Sekolah, Lengkap Beserta Formanya!

Baca juga: Cara Membuat Komik Sederhana dan Mudah Untuk Tugas Sekolah Hingga Kuliah, Dijamin Langsung Berhasil!

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui Asisten Deputi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Perempuan Ross Diana Iskandar mengatakan perlu ada kebijakan dan strategi yang tepat untuk memberdayakan kelompok lansia karena Indonesia tengah menuju fase ageing population.

Hal itu disampaikan dalam agenda peluncuran “Sekolah Lansia Tangguh” atau Selantang yang digelar oleh Pemerintah Kota Pasuruan bekerja sama dengan Indonesia Ramah Lansia, di Hotel Ascent Premier Kota Pasuruan, pada Senin (26/6).

Membacakan sambutan tertulis Kepala BKKBN Perwakilan Jateng, Harlin mengatakan kegiatan sekolah lansia diharapkan mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Menurutnya, sekolah lansia merupakan inovasi pelaksanaan ketahanan keluarga lansia. Sehingga mereka dapat menjalani masa tuanya dengan sehat dan sejahtera.

Sumber:

UPDATE TERBARU