Friday 10th of May 2024

Mengenal Sekolah Lansia Tangguh, Upaya Kemenko PMK Untuk Masyarakat Lebih Sehat, Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat

×

Mengenal Sekolah Lansia Tangguh, Upaya Kemenko PMK Untuk Masyarakat Lebih Sehat, Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat

--

ASCOMAXX.com - Pernah dengar mengenai Sekolah Lansia Tangguh? Jika belum tenang saja karena melalui artikel pada kesempatan kali ini, akan kami berikan informasi terkait Sekolah Lansia Tanggu yang perlu diketahui. Simak sampai tuntas rangkuman ini.

Pendidikan merupakan hal yang penting. Indonesia menerapkan program wajib belajar 12 tahun namun untuk membentuk sumber daya manusia yang maksimal. Namun apa jadinya jika para lansia kembali menempuh pendidikan?


Baca juga: Panti Jompo Medan Terdekat dengan Lokasi Saya Saat Ini, Miliki Fasilitas Terbaik Untuk Lansia

Baca juga: Tips Memilih Panti Jompo yang Tepat Untuk Lansia, Pastikan Kenyamanan Hingga Fasilitas Kesehatannya!

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kloset Duduk Bagi Penggunanya, Model Lebih Elegan dan Cocok Untuk Lansia

Lansia adalah seseorang yang berusia 60 tahun keatas baik pria maupun wanita, yang masih aktif beraktivitas dan bekerja ataupun mereka yang tidak berdaya untuk mencari nafkah sendiri sehingga bergantung kepada orang lain untuk menghidupi dirinya.

Sedangkan menurut Peraturan Presiden Nomo 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, yang dimaksud dengan Lanjut Usia (lansia) adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan, baik aspek sosial, ekonomi maupun aspek kesehatan.

Dalam hal memberdayakan lansia, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui Asisten Deputi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Perempuan Ross Diana Iskandar mengatakan perlu ada kebijakan dan strategi yang tepat untuk memberdayakan kelompok lansia karena Indonesia tengah menuju fase ageing population.

Sumber:

UPDATE TERBARU