Thursday 16th of May 2024

Bola yang Digunakan dalam Permainan Bulu Tangkis Disebut? Ini Dia Jawabannya!

×

Bola yang Digunakan dalam Permainan Bulu Tangkis Disebut? Ini Dia Jawabannya!

--

Bola yang Digunakan dalam Permainan Bulu Tangkis Disebut Apa?

Sesuai namanya, bola dalam permainan bulu tangkis terbuat dari bulu. Bola ini biasa disebut dengan shuttlecock atau kok, yang umumnya menggunakan bulu angsa atau ayam.

Baca juga: Mengenal Aliran Abstraksionisme: Ciri, Jenis dan Tokoh Karya Terkenal!


Baca juga: Ciri-Ciri Ayam Bangkok Pertarung Sadis, Miliki Teknik Mematikan Untuk Kalahkan Musuh

Baca juga: Harga Ayam Ganoi Terbaru 2023, Miliki Ciri Khas Unik dan Gesit Saat Diadu

Perbedaannya, shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa adalah yang biasa digunakan untuk kelas profesional. Sebaliknya, shuttlecock yang terbuat dari bulu ayam digunakan untuk non profesional.

Jumlah bulu pada setiap shuttlecock biasanya berjumlah 16 helai. Namun terkadang, ada juga yang lebih. Panjang bulu pada shuttlecock berkisar antara 62 hingga 70 mm dan panjang setiap bulu pada satu shuttlecock harus sama.

Selain itu, pangkal shuttlecock harus berbentuk setengah bola dengan diameter 25 sampai 28 mm. Sedangkan ujung bulu shuttlecock, ini harus membentuk lingkaran dengan diameter 58 hingga 68 mm. Berat shuttlecock sendiri harus di antara 4,57 hingga 5,50 gram.

Untuk menambah informasi, bulu yang digunakan dalam pembuatan shuttlecock harus dari sisi yang sama. Maksudnya, bulu angsa sebelah kiri tidak boleh dicampur dengan bulu angsa sebelah kanan.

Sumber:

UPDATE TERBARU