Tuesday 18th of June 2024

Bisa Gawat! 9 Ciri Flyback Bsc27 T1051n Rusak, Buruan Ganti Sebelum Makin Fatal

×

Bisa Gawat! 9 Ciri Flyback Bsc27 T1051n Rusak, Buruan Ganti Sebelum Makin Fatal

--

Tapi, setiap flyback memiliki persamaannya masing-masing sehingga jika tidak dapat menemukan seri yang sama, maka bisa menggantinya dengan seri lain dengan data pin yang sama. Meskipun berbeda tipe, fungsi dari flyback tetap sama. Mengganti flyback dengan persamaannya tidak akan menimbulkan risiko yang berbahaya karena cara kerja dan fungsinya tidak berubah. 

Baca juga: Persamaan Flyback TV LG 154 177b Terbaru Lengkap Dengan Data Pin dan Komponennya


Baca juga: Rekomendasi 8 Pengganti Flyback 154-177B Untuk TV LG, Harga Terjangkau Kualitas Boleh Diadu

Baca juga: Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah? Ini Dia Penjelasannya!

Ciri-Ciri Flyback BSC27-T1051N Rusak

Dilandir dari beberapa sumber, berikut ini adalah ciri-ciri kerusakan pada flyback BSC27-T1051N antara lain:

  • Tegangan yang naik turun atau fokus yang tidak berfungsi, terlihat pada gambar layar TV yang kadang fokus dan kadang blur.
  • Gulungan kawat yang short atau terbakar, biasanya pada body flyback terdapat retakan atau lelehan benda berwarna kuning.
  • Kebocoran tegangan tinggi, ditandai dengan munculnya semburan seperti api berwarna biru pada layar TV saat dinyalakan, serta mengeluarkan bunyi cukup nyaring seperti konsleting listrik.
  • Kebocoran pada kabel tegangan tinggi.
  • Konsleting pada tegangan tinggi anoda.
  • Regulator atau power supply biasanya mengeluarkan bunyi lumayan nyaring.
  • Resistor di bagian ABL terbakar, bila kerusakan parah maka ditkaliani dengan bekas terbakar berwarna hitam.
  • Transistor horizontal akan lebih panas serta biasanya tegangan B+ akan drop. Gejala ini timbul karena sebagian flyback mengalami konsleting.
  • Kerusakan pada transistor horizontal, dimana ketika diganti akan selalu jebol, kecuali jika flyback BSC27-T1051N diganti terlebih dahulu.

Nah, apabila ditemukan salah satu atau beberapa ciri-ciri tersebut, dapat dipastikan flyback BSC27-T1051N mengalami kerusakan. Tapi, jika tidak ditemukan satupun ciri-ciri tersebut, maka dapat diasumsikan bahwa flyback dalam kondisi baik dan kemungkinan kerusakan terletak pada komponen lain.

Harga Flyback BSC27-T1051N

Persamaan flyback di atas cukup mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau. Baik flyback BSC27-T1051N maupun persamaannya, biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 50.000 – Rp. 100.000 di toko offline maupun online. Harga dapat berbeda-beda tergantung toko.

Untuk membeli flyback TV, kalian bisa mencarinya di toko elektronik terdekat atau membeli secara online di e-commerce yang terpercaya. Selalu pastikan untuk membeli dari sumber yang terpercaya agar mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana, mudah bukan? Jadi jangan sampai telat cek dan berakibat fatal, ya! Sekian informasi mengenai ciri flyback bsc27 t1051n rusak yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber:

UPDATE TERBARU