Wednesday 22nd of May 2024

Jenis-Jenis Pemeriksaan Lab di Puskesmas, Fasilitasnya Sudah Lengkap dan Tak Kalah Dari Rumah Sakit

×

Jenis-Jenis Pemeriksaan Lab di Puskesmas, Fasilitasnya Sudah Lengkap dan Tak Kalah Dari Rumah Sakit

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang jenis-jenis pemeriksaan lab di puskesmas. Mari simak pembahasan secara lengkap berikut ini.

Hamil merupakan suatu hal yang diidam – idamkan oleh para pasangan suami istri. Periksa kadar hb saat hamil adalah hal yang sangat penting. Hemoglobin atau Hb adalah protein yang ada di dalam sel darah merah. Protein inilah yang membuat darah berwarna merah. 


Jika pasien termasuk ke dalam peserta BPJS, maka tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis. Hal tersebut berlaku selama peserta memenuhi semua ketentuannya. Hanya saja, BPJS tidak menanggung biaya untuk tes TORCH.

Baca juga: Biaya dan Syarat Cek HB di Puskesmas Tahun 2023 Penting Banget Buat Mendeteksi Berbagai Penyakit

Baca juga: Cara Cek Darah HB di Puskesmas Pakai BPJS, Sangat Disarankan Guna Memantau Kondisi Kesehatan 

Baca juga: Waktu Yang Tepat Untuk Cek HB Untuk Ibu Hamil, Kini Bisa Dilakukan di Puskesmas Terdekat

Karena sesuai Permenkes 28 Tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), ada pelayanan kesehatan yang tidak dijamin. Salah satunya pelayanan infertilitas yang di dalamnya termasuk tes TORCH.

Persiapan sebelum cek lab ibu hamil

  • Melakukan puasa minimal 10 jam sebelum diambil darah. Jika akan melakukan pemeriksaan glukasa, puasa minimal 8 jam dan ketika akan melakukan pemeriksaan trigliserida harus puasa minimal 12 jam.
  • Sebelum melakukan pemeriksaan, sebaiknya jangan minum kopi, teh, dan makanan atau minuman yang mengandung zat adiktif lainnya.
  • Jangan sampai puasa lebih dari 14 jam.

Sumber:

UPDATE TERBARU